--- In [EMAIL PROTECTED], "jokotrione" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> kok susah amat sih masalah pipi ditampar aja pake tiga referen dan
> bawa cerita nabi, ya tergantung sama kitanya dong, kalau kita lemah
> ya diam aja kalau ngelawan tambah babak belur, kalau kita kuat lawan
> aja sampai penghabisan, kalau kita lebih kuat ada dua pilihan
> 1.habisin sampe tujuh turunan 2.lawan sampai dia menyerah lalu
> dimaafkan dan diingetin jangan main tampar pipi orang. gmn bung bu
> muskitawati setuju? atau anda jadi nabi seperti lia eden--- In R-
> [EMAIL PROTECTED], "Hafsah Salim" <muskitawati@> wrote:

Tepat sekali, anda 100% benar, dan itulah yang saya bilang !!!

Kalo ada orang yang bisa gampar pipi kiri saya, pasti pipi kanan saya
juga mampu digamparnya.

Tapi kalo Yesus itu gengsi kalo pipi kanannya juga digampar, maka dia
bilang pipi kanannya itu bukan digampar melainkan memang sengaja
diberikan untuk digampar !!!!  Itulah yang absurd !!!!  Enggak usah
ngajarin orang yang jadi korban untuk memberikan pipi kanannya untuk
digampar sekalipun pasti juga digampar.  Kalo pipi kiri anda digampar
diluar kemauan anda, mana mungkin kemudian dengan kemauan sendiri anda
minta agar pipi kanan anda juga digamparin.......  ajaran absurd
bukan, apakah cara berpikir begitu yang dinamakan pikiran normal ???
Itulah contoh kepercayaan, membuat yang percaya hilang akal, tak bisa
berpikir mana yang wajar dan yang tidak wajar.

Bukankah saya bilang jalan "Ki" yang diajarkan Aikido itu yang
terbaik?  Padahal saya bukan umatnya Aikido namun saya sangat terkesan
ajaran2nya yang begitu bijaksana !!!  Kita harus jujur, yang baik
harus kita katakan baik, sedangkan kalo buruk harus kita akui buruk
meskipun hal itu merupakan kepercayaan kita yang kita sacralkan
sebelumnya.

Ajaran "Ki" menyatakan, kita harus berlatih selalu untuk menolong,
menyelamatkan, dan membahagiakan semua orang selain diri kita sendiri.
 Oleh karena itu, hanya dengan latihan2 "Ki" ini saja kita bisa
menjadi bijaksana, menolong orang lain tanpa orang lain merasa kita
tolong, menanamkan budi kepada orang lain tanpa orang itu berhutang budi.

Demikianlah, "Ki" mendidik kita, kalo pipi kamu digampar, hidarkanlah
dengan tehnik yang diajarkan dalam Aikido sehingga pipi kamu tidak
bengkak kena digampar, kamu tidak menderita sakit karena enggak kena
waktu digampar.  Namun dilain pihak, orang yang tukang gampar itu juga
tidak menderita hanya karena gagal menggampar, padahal kita tahu,
membuat orang lain menderita kesakitan adalah perbuatan dosa, namun
karena kita enggak kena digampar, maka kita engga jadi sakit, dan yang
menggampar itu enggak jadi berdosa.  Kita sama2 senang, kita sama2
bahagia, dan kita sama2 tidak ada yang jadi korban.....  itulah "Ki"
yang artinya jalan bijaksana.  Aikido itu bukan agama, tapi jalan,
jalan itu bukan brainwash, tapi latihan, dan latihan itu bukanlah
shalat ataupun puasa, tetapi olah raga berlatih menghindar bahaya,
berlatih mengelak waktu digampar, berlatih menghindar sewaktu dibacok,
berlatih menghindar sewaktu dikeroyok, juga berlatih kesabaran sewaktu
dihina agar tidak kalap karena kalo anda kalap maka anda lupa cara2
menghindar sehingga gampang digaplokin musuh yang memancing anda jadi
kalap.

Saya terkesan ajaran "ki" ini meskipun saya tidak mengerti ajaran ini,
memang sekedar untuk memahami bahwa mengelak itu adalah sikap mulia
katimbang digamparin atau menggamparin orang tak perlu lah saya
memahami "ki" yang cukup saya kagumi.

Dalam beberapa hal, ajaran Buddha menjadi ajaran sampah sewaktu sang
Buddha mengajarkan "janganlah mencubit orang lain kalo kamu sendiri
tidak mau dicubit"......  Kelihatannya ajaran ini bagus, tapi jadi
tidak bagus kalo anda terapkan kepada petinju muka besi yang memberi
kesempatan anda menonjok mukanya 10x tapi cuma minta menonjok muka
anda cuku 1x.  Hasilnya tonjokan anda yang 10x tidak hasil apa2, tapi
tonjokan dia yang cuma 1x, sudah bisa mengirim anda keneraka.  Jadi
dalam urusan gampar pipi kiri kasih pipi kanan, tak bisa kita
menggunakan ajaran Yesus, juga jangan menggunakan ajaran sang Buddha,
tapi gunakanlah ajaran "ki" sehingga kita semua selamat.

Ny. Muslim binti Muskitawati.

Great things are happening at Yahoo! Groups.  See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/TISQkA/hOaOAA/yQLSAA/uTGrlB/TM