From: Hafsah Salim <[EMAIL PROTECTED]>
To: proletar@yahoogroups.com
Sent: Sunday, October 29, 2006 12:43:38 AM
Subject: [proletar] Cina tidak sama artinya dengan China

            Cina tidak sama artinya dengan China

> "IBRAHIM ISA" <[EMAIL PROTECTED] ..> wrote:

> Bilang 'Cina'  - Tidak Mesti Mau Menghina   <Alex Flor>

> suatu kenyataan,  bahwa di kalangan  masyarakat Indonesia,

> menurutnya, bila orang menggunakan  kata 'Cina'  itu belum tentu

> dengan maksud hendak menghina. Tidak sama dengan motif dan sasaran

> rezim Orba ketika menggantikan nama 'Tionghoa' dan 'Tiongkok' dengan

> kata 'Cina'. Kiranya memang demikian adanya.

Pendapat diatas Salah, karena istilah "Cina" sudah turun temurun

digunakan di Indonesia sebagai penghinaan sehingga tak mungkin

ditafsirkan sebagai bukan penghinaan.

Benar, kalo kata "Cina" itu yang digunakan dalam dunia Internasional

ditulisnya sebagai "China" dan pronounce-nya adalah "Caina".  Dan

istilah China ini bukanlah penghinaan melainkan memang istilah yang

berlaku didunia Internasional.

Tapi untuk Indonesia atau bahasa Indonesia, "Cina" tidak sama dengan

"China", dan kata "Cina" itu memang merupakan istilah khusus yang

merendahkan, yang menghina, dan dalam agama Islam disamakan dengan

"orang kafir" yang halal darahnya ditumpahkan.  Jadi janganlah

meng-kait2kan istilah "Cina" di Indonesia dengan "China" didunia

internasional, karena bahasa Indonesia memiliki cara2 yang berbeda

dalam merendahkan maupun menghina keturunan tertentu dalam bahasa dan

budayanya.

Lagipula didunia luar Indonesia tidak dikenal "Tiongkok", juga tak

dikenal "Tionghoa", karena kedua kata ini murni merupakan bagian dari

bahasa Indonesia, sama seperti kata "Cina" yang artinya penghinaan

kepada orang Tionghoa.  Sama sekali kata "Cina" itu berbeda dari

"China".  Karena "China" itu berasal dari bahasa Inggris yang kalo

diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi "Tiongkok".  Sedangkan

"Chinese" dalam bahasa Indonesianya menjadi "Tionghoa".  Sedangkan

kata "Cina" dalam bahasa Indonesianya kalo mau diterjamahkan kedalam

bahasa Inggris menjadi "Worse Chinese", "damn China", dll yang tidak

memiliki kata khusus untuk keburukan2 orang China seperti berbagai

istilah buruk yang sangat kaya dalam bahasa Indonesia.

Ny. Muslim binti Muskitawati.

<!--

#ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:arial,helvetica,clean,sans-serif;}
#ygrp-mlmsg select, input, textarea {font:99% arial,helvetica,clean,sans-serif;}
#ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}
#ygrp-text{
font-family:Georgia;
}