Ya, memang nggak ada masaalah.

Dan bagus, jadi saya ikut senang bahwa orang Nasrani sudah lama sampai
ke kesimpulan bahwa Bible itu bukan buku sejarah.

Mereka sudah lama sadar bahwa Bible itu adalah hasil tulisan manusia
hinga dalam memahami isi Bible itu mereka bisa bersikap kritis dan
rasional (Paus juga memakai judul FIDES ET RATIO)..

Dan saya juga percaya bahwa orang Narani yang banyak yang
pinter-pinter itu akan meneruskan diskusi untuk terus mempercerdas
pemahaman mereka terhadap Bible..

Dan saya nggak mau ribut-ribut kok tentang pemahaman orang Nasrani
yang masih perlu pencerdasan..

Saya hanya sebatas menghargai kemajuan yamg mereka capai.

Yang saya risaukan adalah pemahaman orang Islam tipikal terhadap
sumber ajaran agama mereka: mereka masih percaya kepada bualan orang
Arab yang bilagn, tanpa bukti, bahwa al-Mushaf itu berisi wahyu Allah
dan hadits itu ada yang sahih...

--- In [EMAIL PROTECTED], Klentheng Hawani <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

So what om Jusfiq, ndak ada masalah. Orang Kristen ga
mengganggap Bible itu itu buku science kok.
Ga akan ada masalah dgn orang Kristen. Ga bakal marah,
justru keterbukaan Paus itu menunjukkan budaya yg
rasional, beragama dgn logika itu ternyata
memungkinkan, walaupun resikonya besar. Kenapa? Ya
karena begitu nalar kita jalan, maka kita akan
mengkritisi ajaran agama, doktrin dan dogma2 yg sering
dicekokkan pd kita dari kecil. Kita tidak hanya akan
berhadapan dgn misteri2 yg sulit, tetapi jg lingkungan
sekitar yg kebanyakan buntu nalarnya.

Akan lbh mudah beragama tanpa nalar, krn semuanya
tinggal telen aja, mo mikir dikit udh takut duluan,
takut sesat, takut setan, takut iblis dll.

Tapi sejarah membuktikan, orang yg besar jasanya dlm
karya kemanusiaan dan peradaban manusia adalah orang
yg beriman dgn nalar.

Salam,

--- "jusfiq.hadjar" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Satu lagi dan ini amat penting:
>
> Paus Johannes Paulus II sudah sampai ke kesimpulan
> bahwa teori Darwin
> itu bukan sekedar hypotese. (cf. Fides et ratio)
>
> Kita bisa menterjemahkan perkataan Puas itu - dan
> inilah yang
> dikatakan oleh arkeolog yahudi Finkelstein dan
> Silberman - bahwa
> sebahagian Bible itu (Pentateuc menurut Finkelstein
> dan Silberman)
> adalah mythos.
>
> Jadi Adam, Abraham, David itu adalah tokoh fiktif,
> tokoh mitologis,
> [...]

--- End forwarded message ---

List owner  :  [EMAIL PROTECTED]