No - waktu itu Kristen sudah menjadi negara agama. Di tindas apaan?
Saya yakin pasti banyak buku2 yg sengaja enggak dipublikasi tetapi
keberadaannya di atur oleh Gereja.

Dan emang kamu yakin - bahwa Abu Bakar dan konco2nya enggak menindas ayat,
pasal dan bab ttt dari Qur'an ?

Saya bilang lagi: proses kodifikasi itu adalah: come to agreement.

On 9/21/07, rezameutia <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> bab.
> >

> no.
>
> jelas berbeda lah.
>
> sikonnya, kristen ditindas oleh romawi.  jadinya pada saat kodifikasi
> tentu saja peran penindas sangat besar dalam menentukan isi bible.
> tuh empat bible nggak jelas siapa penulisnya dan penulis bible yang
> ada seperti thomas, malahan di berangus.  yang menentukan ke empat
> bibile ini kan raja romawi toh?!
>
> islam tidak ditindas oleh siapapun.  jadinya, tidak ada kepercayaan
> orang luar (pagan) yang masuk pada saat kodifikasi.  dan yang
> [...]

List owner  :  [EMAIL PROTECTED]