--- sohibmachmud <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> saya masih ingat ketika KFC mau beroperasi di indonesia, pakar2
> marketing memprediksi sistem swa layan ini kurang cocok di
> indonesia. katanya karena konsumen indonesia terutama tingkat
> atas maunya dilayani. masuk ke resto tinggal duduk dan makanan
> diantar oleh pelayan.  katanya siapa yg mau antri utk beli ayam
> goreng.

Pernah sepulang nonton bola di Senayan, kehabisan tempat makan. Semua warung
makan di Jl. Asia-Afrika, penuh (sekarang lokasi penjual tanaman). Maklum,
malam final perserikatan. Kawan-kawan akhirnya memutuskan untuk ke KFC Blok-M
yang jaman itu mulai populer. Kedengarannya cukup masuk akal, fast food untuk
ngejar makan malam yang terlambat.

Apa mau dikata, di sana juga rame. Untuk cari tempat makan lain kami sudah
kehilangan nafsu. Apalagi pertokoan di sana mulai gelap, tutup. Jadi, lupakan
nasi pindang, lupakan sate, lupakan er-we. Bukan saatnya bicara selera. Saatnya
menentramkan perut.

Di tengah kebisuan menikmati lapar & antrian yang lumayan panjang, kawan
berdarah Batak menoleh dan mengeluh, "Kayak di negara komunis aja! Makan harus
antri.."

Tiga kawan yang bertugas menyiapkan meja, tertawa. Tapi orang-orang beringsut
sambil melirik-lirik. Jaman itu "komunis" memang masih kata yang menyeramkan.
Seolah cuma tentara yang berhak menyebutnya.

Sejak itu kalau satu dari kami bilang: "yok jadi komunis," itu artinya ajakan
mengganyang resep masakan pak kolonel.

Entah sekarang. Setelah mereka mapan mungkin pada malas jadi "komunis" -
kecuali pas belanja di supermarket atau ke dokter.

:)