Ehm...
jangan sampai MUI ikut-ikutan fatwa ini, kalo ndak bajaj bisa diharamkan juga.
Suara bajaj punya 60-110 dB.

Majelis Umum untuk Urusan Islam dan Zakat Uni Arab Emirat mengeluarkan fatwa
mengharamkan penggunaan vuvuzela jika dalam penggunaannya bisa mengganggu dan
merusak pendengaran.

Fatwa tersebut diatur pada pasal 11625. Dalam fatwa tersebut disebutkan jika
penggunaan vuvuzela hanya boleh digunakan di dalam stadion, jika memang dalam
penggunaannya tidak merugikan pihak lain.

"Akan tetapi, importir dan para penjual harus memastikan kekuatan dari suaranya
tidak melebihi 100 desibel, sehingga bisa dihindari merusak pendengaran orang
lain," demikian fatwa tersebut berbunyi.

Penetapan fatwa ini didasarkan pada hasil penelitian yang diketahui bunyi keras
vuvuzela bisa merusak pendengaran jika kekuatannya mencapai, atau bahkan
melebihi 100 desibel.

Dalam sejumlah kasus, vuvuzela bisa menyebabkan kerusakan permanen.

"Vuvuzela yang ada di pasaran saat ini bisa mengeluarkan suara hingga mencapai
127 desibel," lanjut pernyataan tersebut.

Wacana penggunaan vuvuzela di Uni Emirat Arab juga memicu kritik karena
pemberitaan sebelumnya, di mana vuvuzela bisa menyebarkan virus. Selain itu,
adanya kabar jika vuvuzela kerap digunakan untuk aksi klenik di Afrika memaksa
para pengusaha di Arab mempertimbangkan ulang untuk mengimport alat tiup ini.

Dhia el Din misalnya. Pengusaha Abu Dhabi asal Palestina itu sedang
mengevaluasi rencananya untuk mengimport 10 ribu instrumen tiup ini dari
Britania Raya menyusul pemberitaan negatif tentang vuvuzela.

"Saya mencari di internet dan menemukan sejumlah artikel vuvuzela kerap
digunakan oleh dukun Afrika atau para penyihir. Saya mengetahui mereka
digunakan untuk mengusir setan. Tak hanya itu, mereka juga tidak higienis.
Mereka bisa menyebarkan virus bakteria. Masalah seperti ini membuat saya
berhenti untuk mendatangkannya ke sini," katanya, Kamis (15/7).