Kalau mau lebih lengkap lagi bisa dilihat pada "The World at War"
Menangnya Uni Soviet ada banyak faktor, antara lain:

- adanya pasukan segar yang bisa ditarik dari Siberia yang tadinya dipersiapkan
untuk menghadapi Jepang. Ini adalah pasukan khusus yang dipersiapkan untuk
bertempur dalam cuaca dingin
- sumber daya alam luar biasa yang dimiliki Siberia hingga pabrik-pabrik mereka
bisa beroperasi siang dan malam menghasilkan ribuan tank dan pesawat tempur
- adanya pasokan barang-barang dari fihak sekutu lewat pelabuhan-pelabuhan
hangat macam Murmansk
- berubahnya mentalitas para awak tank Uni Soviet yang baru yang penuh
koordinasi hingga mampu memberikan serangan balik yang cepat
- dipilihnya para pimpinan militer berdasarkan kemampuan hingga ada Jenderal
yang berasal dari etnis minoritas macam Yahudi maupun Armenia disamping orang
Rusia sendiri
- besarnya peranan kaum wanita yang disamping mampu mengoperasikan
pabrik-pabrik, mereka juga terbukti sebagai bisa bertempur dan bahkan ada yang
menjadi pilot-pilot pesawat tempur hang handal