Saudara2 yang terkasih,

5 tahun yang lalu saya dapat visi, ada suatu perkampungan baru / Komune Rakyat
yang penuh kedamaian, tidak ada kejahatan, tidak ada yang miskin, tidak ada
anak
terlantar, mereka bekerja menurut talentanya masing2, ada penitipan anak, ada
dapur umum, traktor2  bekerja disawah, ada Koperasi Rakyat ……pada hari libur
anak2 bermain di Taman, kepala kampungnya seorang Kristen yang takut akan
Tuhan,
jujur, peduli warganya, dia bekerja siang dan malam  dengan stafnya untuk
kemakmuran kampungnya, dia mendirikan menyalurkan listrik dari desa tetangga,
mengalirkan air dari lereng  gunung, membudi-dayakan ikan air tawar, sapi perah
dari Australia,…. dia tidak pilih kasih, tidak membedakan agama, suku dan
ras….layaknya Pamong Desa yang ditulis di Nihemia, Bupatinya

Saudara2,

Ini bukan impian, ini bisa terjadi di Indonesia, saya prediksikan akan terjadi
di Dusun Gelangsar, sebuah dusun pemekaran yang dicanangkan Kepala Desa
Mambalan
( desa induk ) , yang bernama  Lalu Thuhur di Kecamatan Gunung Sari Kabupaten
Lombok Barat sejak 2006, dia membentuk Panitia Pemekaran Desanya, Dia
menghitung
kekuatan dusunnya layaknya dikitab Bilangan, mengadakan Rapat2 Badan
Permusyawaratan Desa ( PMD ) seperti Yosua, dengan semangat kegotong-royongan
dan penuh harap, mereka tidak keberatan menyusun Profil Desanya selama 4 hari
untuk saya ( 1 bendel 51 halaman, lengkap dengan lampiran2/ perda dsb.)

Saya buatkan DVD dokumenter selama 30 menit sekilas tenang Dusun Gelangsar ini
untuk calon Investor Asing atau Donatur luar negeri yang peduli keluarga2
miskin
di Indonesia.

Para Kepala Desa, mahasiswa, peneliti, yang perlu untuk menambah informasi
sebuah desa miskin,bisa minta saya DVDnya, Profil Desanya, No. HP Kepada Desa
Gelangsar, serta No HP Pamong2 Desa yang terkait dan Master Plan Kecamatan
Gunung Sari di Lombok Barat ( daerah Pariwisata dan Agrobisnis )

Lokasi di tanah saya di Lombok Barat ( 7 km dari Bandara Mataram ) cocok untuk
Hotel International, letaknya  didataran tinggi, 20 m dari jalan
aspal,lingkungannya asri bisa lihat kota Mataram, laut, pemandangan indah,
infra
struktur sudah dibangun disana, dibawahnya ada Pom Bensin Medas, perumahan
rakyat, jalan raya yang menuju ke Lombok Utara, dalam wilayah  Desa Kekait yang
lokasinya  tidak jauh dari Dusun Gelangsar yang kini jadi  Desa Pemekaran atau
Perkampungan Yang Baru , --istilah saya, yang  bisa dihuni keluarga2 miskin (
members Full Gospel Indonesia ) dari 33 propinsi, mereka bisa tanam Tebu Aren (
search Google : Aren Indonesia ) kayu  Mahoni, mereka bisa hidup dari hasil
hutan, berkebun, tanam padi, investor China bisa tanam padi ( setahun 4 x panen
di China ? ), saat ini sedang di uji coba tanam IR-400 oleh Ir.Pertanian teman
saya, hasilnya lumayan, investor China bisa  invest secara HGU, atau PMA, lahan
masih murah disini, juga bisa diusahakan secara tumpang sari, tanam polowijo,
kopi dll. Kondisi alam dan pemerintahanan sangat mendukung disini.

Penduduk di dusun2 Pemekaran, di  Lombok Barat sangat ramah lingkungan, welcome
semua pihak datang dan berinvestasi.

Gubernur NTB adalah anak bangsa yang cerdas, penuh dedikasi, dan merupakan
Gubernur paling muda di Indonesia, sebutan beliau Tuan Guru Bajang, nama beliau
Zainul M search www.NTB.go.id.Beliau menghargai semua umat beragama.

Bupati Lombok Barat Bapak Zaini Arony juga disenangi rakyatnya.

20 Mei 2010 beliau melantik 13 pejabat kepala Persiapan yang tersebar di 6
kecamatan Gunung Sari, yaitu 3 desa dikecamatan Lembar, 2 desa persiapan di
kecamatan Gunungsari, sedangkan di kecamatan Sekotong, Narmada,Lingsar
masing-masing  1 desa persiapan. Para kepala Desa diberi tugas agar membangun
wilayah yang dipimpinnya agar bisa mengejar ketinggalan dengan desa2 lain dalam
kurun waktu 1-2 tahun.

Di Dusun Dopang ( sebelah barat Dusun Gelangsar ) sudah ada warga Korea Selatan
memiliki 10 ha lahan disana ( PMA ) , kini sedang meratakan lahan dan
pipanisasi
untuk  pengairan lahan mereka, rencana kegiatan agrobinis & wisata akan dimulai
tahun depan......

Profil  Dusun Gelangsar saya singkat sbb.

1.      Luas wilayah yang akan dikembangkan : 1,900 ha
2.      Luas Penggunaan Lahan : lahan pekarangan 55 ha, tanah sawah 15.5 ha,
tanah kebun 299 ha, hutan 3.100 ha.
3.      Potensi sumber daya air : ada 10 mata air, 2 buah sungai melintas
disitu, kolam ikan ada 4000 m2
4.      Komoditi Pertanian 4.5 ha, Perkebunan 159 ha, perternakan ayam kampung
5.800 ekor,( disana harga ayam kampung Rp. 60.000,- per ekor ) itik/bebek 2000
ekor, sapi 200 ekor, kambing 60 ekor, babi 75 ekor, Perikanan 1 ton.
5.      jumlah peduduk : 2.441 KK = 6310  jiwa ( sangat sedikit )
6.      Sarana Peribadatan : mesjid = 4 bh, mushola =15 bh, Pura =  3 bh,
gereja
= 0 ( 4 dusun )

7.      Penduduk menurut agama : Islam = 1905 orang, Hindu = 441 orang,
Kristen=0
8.      Pendidikan : SD =314 orang, SMP= 215 orang, SLTA= 115 orang, DI =
2orang, S1= 1 orang.
9.      Sudah Terbentuk Taruna Siaga Bencana oleh Tim Tagana Pusat dan Propinsi
NTB. ada 7 Kelompok Usaha Bersama ( kabe ) mereka dapat bantuan sapi dan bibit
kayu Sengon dari Pemerintah.
10.Kearifan budaya / adat istiadat tetap lestari, seperti Adat Ngawinang, Adat
Biso’tian, Adat Biso beras, Budaya Nyangkar, Pembacaan Hikayat
11 Tranportasi : sepeda 32 bh, Sepeda Motor 125 bh, mobil 2 bh.
12.Alat2 komunikasi : radio 142 bh, TV 47 bh, HP 168 bh
13.Perekonomian Desa : kios 15 bh, warung 7 bh, pedagang bakulan 150 orang;
kebanyakan mereka jadi buruh tani diladangnya yang terjual, atau jadi kuli
bangunan.
14. Belum ada Puskesmas ( yang sakit digotong / dipikul sejauh 3 km ke
Puskesmas
terdekat ) belum ada sekolah, belum ada listrik, belum ada jalan-desa yang
memadai, (  saat ini jalan setapak yang lebarnya 2 m naik turun lereng gunung
dan kalau hujan membahayakan pengguna jalan yang kebanyakan jalan kaki, sepeda
atau sepeda motor )
15. Belum ada Peternakan Sapi perah, pabrik Gula Aren , pabrik pupuk…..keadaan
sangat mengenaskan.

Demikian oleh2, 10 hari di Lombok Barat ( 19 Juli s/d 28 Agustus 2010 )

Bagi investor asing, donator luar negeri, saya tawarkan 3 lokasi tanah dijual,
harga murah, bisa nego dengan saya, semua Sertifikat Hak Milik, terlampir.

Bambang Wiyono,
081 2327 3886
Peduli Kesehatan Jantung
Peduli Keluarga Miskin,