Tritunggal dalam Kekristenan (Part
1)http://conversation-with-muslim.blogspot.com/

Episode 1
 Pembawa Acara:  Para penonton yang saya kasihi, selamat datang dalam acara
“Questions About Faith”. / Pertanyaan tentang Iman”
 Merupakan
  sebuah kehormatan dan keistimewaan tersendiri untuk bisa menghadirkan
 Bapak Pendeta Zakaria Boutros, untuk menjawab semua
pertanyaan-pertanyaan kita. Para penonton yang budiman, pertama-tama saya ingin
memperkenalkan diri saya sendiri. Nama saya adalah Nahed Mahmoud Metwally. Saya
dulu adalah kepala sekolah di sebuah SMP di Kairo. Dan pada 7 January
  1988, saya dipertemukan dengan Tuhan yang maha besar dan Dia telah
menyatakan diri-Nya sendiri dalam diri saya, dan hanya karena
anugerah-Nya, saya telah menjadi percaya pada iman Kristen dan percaya
pada Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.
Tentunya,
  ini sama sekali bukanlah hal mudah, karena banyak masalah yang
kemudian  muncul setelah itu. Saya harus meninggalkan negara saya, saya
harus  meninggalkan keluarga dan anak-anak saya supaya saya bisa tetap
mengikuti Yesus, dan karena anugrah Tuhan saja, sejak 1988 sampai saat
ini, saya masih bisa melayani Tuhan. Selamat datang Bapak Zakaria.
 Bapak
  Zakaria ini sudah sangat terkenal. Dia telah melayani Tuhan selama 45
 tahun, dan kita percaya Tuhan memberikan Bapa ini dengan umur yang
panjang agar tetap dapat melayani Dia dan hanya untuk nama-Nya.
 Bapak,
  kami telah menerima banyak pertanyaan dari saudara-saudara kita yang
berlatar belakang muslim. Pertanyaan mereka yang pertama adalah: Mengapa
  kita mempersulit Kekristenan kita sendiri dengan adanya istilah
Trinitas? Kenapa kita tidak mempermudahnya saja dengan mengatakan bahwa
 Tuhan itu hanyalah Satu, titik. Kenyataannya adalah banyak orang yang
telah mempertanyakan tentang hal ini dan kami ingin kebijaksanaan dari
Tuhan yang ada dalam diri Bapalah yang menjawab pertanyaan ini.
   Bapak :  Banyak orang
  di banyak tempat menanyakan kami tentang kebenaran ini. Hal ini
mempunyai banyak hubungan dengan teologi keislaman. Bagaimana mungkin
Tuhan itu ada tiga dalam satu?
 Kami
  sangat mengasihi saudara dan saudari kita yang beragama Islam, dengan
 kasih yang sama dengan saudara-saudara seiman kita. Oleh karena itu,
kami hanya mencoba untuk menjelaskan tentang iman dan apa yang kita
percayai, hingga saudara-saudara kita yang beragama Islam tahu bahwa
kita bukanlah orang kafir, atau kita percaya pada banyak tuhan. Tapi
bagaimana mungkin kita hanya percaya satu Tuhan, padahal pada
kenyataannya Tuhan itu sendiri adalah Tritunggal, dan saya sangat senang
  sekali untuk menanggapi pertanyaan yang telah diajukan ini.
 Saudara-saudara
  kita mengatakan bahwa hal tentang Tritunggal sangatlah sulit, pada hal
  pada kenyataannya hal ini tidaklah sulit sama sekali. Kita sebut saja
 bahwa Tuhan itu adalah satu dan kita lupakan tentang konsep yang sulit
 tentang Tritunggal yang katanya sangat sulit untuk ditangkap.
 Saya
  ingin sekali mengatakan satu hal yang sangat penting, yang saya ingin
 katakan ke semua orang yang sedang menyaksikan acara ini sekarang. Saya
berharap anda akan dapat menyadari kenapa saya bilang seperti diatas dan kenapa
Injil juga mengatakan demikian.
 Ada
  sebuah kebenaran yang sangat penting, yang harus kita mengerti tanpa
harus diminta. Ketika anda memiliki anak kecil dan anda ingin
menjelaskan pada mereka sebuah kebenaran tentang ilmu pengetahuan, anak
 kecil itu pasti mengalami kesulitan untuk memahami hal tersebut.
Pengetahuan dia masih sangat sederhana hingga kita harus mencoba
menyederhanakan masalah tersebut untuknya.
 Seperti
  contoh, kalau saya ingin mengatakan pada anak kecil bahwa saya sangat
 mengasihinya, saya tidak dapat mengatakan padanya seperti ini “Aku
memiliki suatu perasaan yang sangat dalam terhadap kamu” tapi pada
seorang anak kecil saya akan mengatakan ”aku menyayangimu sebesar ini,”
 dan anak kecil itu akan senang karena dia mengerti akan hal itu, bahkan
  beberapa orang akan mengatakan dengan cara “aku sayang kamu sebesar
ruangan ini.” Dan dia akan mengerti akan hal itu dengan kita
menyederhanakan kebenarannya. Ketika seorang tumbuh dewasa, pikirannya
akan mencapai level kedewasaan tertentu, untuk orang lain, seorang
lulusan universitas sebut saja untuk contohnya, anda tidak dapat
mengatakan ”aku mencitaimu segini besar,” anda sepertinya mengejek
kepandaiannya, untuk orang lain mungkin mengerti apa yang anda maksud
dengan ”aku cinta kamu”, orang-orang tertentu malah akan mencari tahu
apa ada motivasi tertentu, bagaimana anda mencintai dia dan kalau memang
  dia seperti itu, kenapa kita mesti membuatnya menjadi begitu rumit?
Kenapa tidak mempermudahnya dengan hanya mengatakan aku cinta kamu saja?
  Tidak sulit sama sekali khan?
 Kita
  dengan mudahnya meneliti  hal-hal yang pokok dari pernyataan tertentu.
  Hal yang sama dapat diterapkan sama halnya untuk mengerti hal-hal
tentang Tuhan. Ketika manusia kita ada pada level intelektual seperti
kanak-kanak, Tuhan pastilah akan memberitahukan kebenaran tentang
diri-Nya dalam bentuk yang sederhana, Tuhan memenuhi seluruh bumi, itu
saja.
 Pembawa acara: Dapatkan Bapak jelaskan kepada kami apa yang dimaksud dengan
“penyederhanaan?” Bapak: Ya,
  contohnya bahwa Tuhan adalah satu, Dia memenuhi alam raya ini, Dia
memenuhi surga dan bumi. Ketika manusia ada pada level kanak-kanak,
mereka menerima kenyataan bahwa Tuhan adalah Satu, dan bahwa Dia tidak
mempunyai rekanan, ketika manusia mulai beranjak dewasa secara budaya,
secara intelektual dan secara pengetahuan, logikanya mereka ingin
menganalisa pernyataan bahwa Tuhan adalah Satu, apa maksudnya ini? Apa
artinya Tuhan? Siapakah Tuhan itu? Apakah Dia sama seperti kita? Apakah
 Dia pandai? Apakah Dia hidup, atau apakah Dia hanyalah sebuah konsep?
 Begitu
  banyak pertanyaan dan kita harus menjawabnya dan kemudian timbullah
pewahyuan secara alkitabiah pada manusia, pada tahap manusia dewasa dan
 mulailah menjelaskan siapakah Tuhan itu,  dan mulai merespon pada
pertanyaan-pertanyaan yang sama seperti pertanyaan yang baru saja anda
tanyakan pada saya, dan sama seperti yang sangat ingin diketahui oleh
penonton kita. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu membutuhkan kepandaian
 untuk menjawabnya, jawaban-jawaban yang masuk akal, tapi yang lebih
penting adalah jawaban-jawaban yang rohaniah, oleh karena itu Alkitab
mulai menerangkan kenyataan bahwa manusia pada saat ada di level
kanak-kanak dan sesaat setelah mereka mulai tumbuh, kenyataan yang
khusus ini sebenarnya telah ditulis di Alkitab.
 Rasul
  Paulus  berkata di 1 Korintus 3: ayat 1 dan 2 ”Dan aku,
saudara-saudara,  (ini yang dikatakan sendiri oleh Rasul Paulus) pada
waktu itu tidak  dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia
rohani (maksudnya  adalah dewasa, dewasa secara rohani) , tetapi hanya
dengan manusia  duniawi (apa maksduanya dengan ini? Kita akan melajutkan
 perikopnya),  yang belum dewasa dalam Kristus (Aku hanya dapat
berbicara pada kamu  tetang hal-hal yang sederhana). Susulah yang
kuberikan kepadamu,  bukanlah makanan keras (karena seorang bayi hanya
minum susu, akanlah  gila bila memberi makan seorang bayi, sepotong
daging keras misalnya.  Bila kamu mencoba dan melakukan hal itu maka
kamu akan kehilangan  bayimu, tapi ketika bayi itu telah besar, barulah
kita dapat  memberikannya makanan keras). Oleh karena itu Rasul Paulus
berkata ,  susulah yang kuberikan kepadamu, bukanlah makanan keras,
sebab kamu  belum dapat menerimanya. Tidaklah mungkin, oleh karena itu
dia harus  membuat segala sesuatu menjadi sederhana, oleh karena itu
kita menyebut  bahwa Tuhan adalah Satu, tapi kita juga mengatakan bahwa
Dia adalah  Trinitas, dan ini bukanlah hal yang kompleks.
 Pembawa Acara: Bapak,
  tolong jelaskan pada kami sedikit lebih jelas tentang Tritunggal,
karena  hal ini adalah sebuah halangan yang besar, yang orang muslim
temui.  Yang mereka mengerti adalah bahwa orang-orang Kristen, menyembah
 3  tuhan, dan kami mau Bapa menjelaskan tentang Tritunggal ini dengan
cara  yang mudah sehingga orang-orang dapat percaya dan menerimanya.
 Bapak:  Bolehkan saya untuk menunjukkan sesuatu sebelum saya menjelaskan lebih
lanjut tentang Trinitas.
 Pembawa Acara:  Silahkan, Bapa.
 Bapak:  Pokoknya adalah apakah kita benar-benar percaya ada 3 tuhan atau
tidak? Pembawa Acara: Benar sekali, ini adalah sebuah pertanyaan yang bagus.
Bapak:
  Kalau saya berbicara tentang Tritunggal saat ini, orang mungkin masih
 mempunyai pertanyaan tentang hal ini di benak mereka masing-masing. Pembawa
Acara: Anda benar sekali...........................................

Baca lanjutannya di SINI

http://conversation-with-muslim.blogspot.com/2010/08/tritunggal-dalam-kekristenan-part-1.html#more

Blogroll
        Agama Palsu PEDOFILConversation With MuslimDISKUSI ISMAIL-ISHAK
1FAITHFREEDOM PEDIAFAITHFREEDOM WIKIFormer Muslims United (FMU)FORUM MURTADIN
INDONESIAFREE 100 BUKU Dr. BoutrosFUCK MUHAMMADINDONESIA EX-MUSLIM FORUMISHMAEL
SHALL BE BLESSEDISLAM AWAITED MESSIAHISLAM EXPOSEISLAM EXPOSEDISLAM FOBIAISLAM
OPO IKIISLAM SESATISLAM VERSUS KRISTENISLAMIC INVASIONISMAIL SAUDARAKUJELAS
NGGAKJESUS versus MUHAMMADJOEL'S TRUMPETKABAR SUKACITAKebohongan Dari
IslamKESAKSIAN PUTRA HAMASKESALAHAN QURANKONTRADIKSI ALKITAB BlogKONTRADIKSI
ALKITAB-Sarapanpagi.orgKRISTUS, MUHAMMAD dan AKUMAARIFAT ALLAHMENGAPA KAMI
MENINGGALKAN ISLAM?MENGKAJI ISLAMMUHAMMAD dan ZAINABMUSLIM HARUS
TAHUPRESTASI&WARISAN MUHAMMADPSIKOBIOGRAPHY NABI ALLAHSATE MUSLIMSAVE MOSLEM
DESTROY ISLAMSIAPAKAH ALLAH INI?SIARAN AL HAYATSON of HAMASStop Islamisation Of
EuropeTANYA JAWAB ALKITABWIKI ISLAMWomen against Shariah

                                        Top Posts
INTRODUKSI PERBEDAAN MENDASAR ISLAM DAN KRISTENKesaksian Iwan Firdaus: Istri
saya murtad berkat situs iniBab 5 - KESELAMATAN DALAM ALKITAB DAN DALAM
QUR’ANBUKU BARU: SIAPA BILANG KRISTEN TIDAK BISA MENJAWABBab 4 - PENYANGKALAN
ISLAM SECARA TERANG-TERANGAN TERHADAP PENYALIBAN KRISTUSDIANCAM HUKUMAN GANTUNG
KARENA MEMURTADKAN MUSLIMBab 3 - TERKUTUKLAH ORANG YANG BERKATA: KRISTUS ADALAH
PUTERA ALLAHMENGAPA MENYELIDIKI KEBANGKITAN YESUSMengapa Selalu Ada Koreksi dan
Perbaikan Dalam Versi Alkitab Terjemahan?Bab 2 Panggilan dari Minaret, apakah
artinya itu?                                           Recent Posts
Apakah yang Dimaksud dengan Istilah “Injil”?DIANCAM HUKUMAN GANTUNG KARENA
MEMURTADKAN MUSLIMMengapa Selalu Ada Koreksi dan Perbaikan Dalam Versi
Alkitab Terjemahan?Mengapa Begitu Banyak Terjemahan Alkitab?Kesaksian Iwan
Firdaus: Istri saya murtad berkat situs iniApakah Ada Perubahan
dalam Injil?Mengapa Ada Empat Injil?Apakah Benar Taurat dan Injil Yang
 Sekarang Tidak Murni?10 Pertanyaan Muslim kepada KRISTENDapatkah Muslim Sejati
menjadi orang yang baik?