---------- Forwarded message ----------
From: David Silalahi

percaya atau tidak, dalam kehidupan keagamaan kita sering menghipnotis diri
kita sendiri.

kita menghipnotis diri kita dengan berbagai cara:
- mendengarkan kotbah. mendengarkan kotbah adalah masa-masa kita tenang dan
fokus untuk menerima semua cerita dan memasukkannya ke dalam otak. dan
kemudian sebagian orang langsung menerima cerita kotbah itu dan langsung
melakukannya.
tidak peduli kotbah itu mengajak untuk melakukan kebaikan atau malah
mengajak untuk merusak gereja hkbp, pokoknya selagi fokus, maka masa fokus
itu adalah masa hipnosis.

- menyukai tokoh agama. dengan menyukai tokoh agama dan belajar
meneladaninya maka kita sudah melakukan hipnotis pada diri kita sendiri dan
kemudian menghidupkan si tokoh agama dalam diri kita. sehingga kita
seringkali memunculkan pikiran: bila dalam masalah seperti ini,kira-kira
sang nabi akan berbuat apa? nah, pada saat berpikir tentang tokoh agama maka
kita menghidupkan tokoh tersebut dalam otak kita dan kita semakin menanamkan
si tokoh agama lebih dalam ke benak kita. ini adalah hipnosis.

- membaca kitab suci. membaca kitab suci atau berbagai buku renungan dan
buku bantuan untuk mendalami kitab suci juga merupakan proses hipnotis. sama
dengan membaca buku novel atau buku pelajaran biasa, bila kita sudah dalam
keadaan diam dan fokus kemudian menerimanya lalu mau mempraktekannya, maka
kita sudah menghipnotis diri kita sendiri. kita menjadikan diri kita begitu
terbuka tanpa ada sikap kritis dan tanpa ada penyelidikan kebenaran terhadap
tulisan2 yang ada didalamnya. sikap terbuka ini adalah sikap untuk siap
selalu menghipnotis diri sendiri....

tadinya saya mau bikin buku tentang agama dan hipnotis, sekalian mau
meniru-niru para penulis buku hipnotis yang semakin marak membuat buku
hipnotis belakangan ini... tapi ya sudahlah... belum ada waktu dan belum ada
kesempatan banyak....