Nah, itu udah tau untuk apa.

Untuk keseimbangan mental & keseimbangan fisik.
Jadi, bukan cuma keseimbangan antara mental & fisik.
Sebab, toh ada yang secara fisik tampak bugar tapi
secara mental jomplang.

Betul, setelah berpuasa wajib berbuka, makan. Namun
soal langsung makan banyak-banyak itu tergantung
'mazhab' sing-masing. Ada yang mampu beli & makan
berlimpah, ada yang dikit-dikit tapi pasti, dan ada
yang nggak mampu beli apa-apa..

Saya sendiri entah masuk golongan mana. Yang pasti,
ibarat main catur, sebagai pembukaan selalu majukan
pion dulu. "Basahi" dulu jalur-jalur serangan agar
nggak seret. Basahi dulu jiwa-raga yang seharian kering
dengan menyantap buah.

Bagi saya, buah adalah minuman dalam bentuk padat :)
Kadar gulanya pun cukup aman untuk sekedar memulihkan tenaga
yang terkuras seharian. Dua-tiga jam setelah itu barulah
kita mainkan "bidak-bidak" utama yang berbaris di meja makan.
Kalau langsung makan banyak-banyak, wah, sistem pencernaan
bisa ibarat orang dibangunkan dari tidur langsung disuruh
push-up 100 kali. Dipaksa kerja keras.

Dari sisi spiritualnya, buah adalah makanan / minuman yang
masak oleh matahari, bukan elpiji. Alami. Filosofinya (taela)
dekatkanlah diri kita kepada produk-produk alam sampai ke
dasar perut yang paling dalam & relung usus yang paling sempit :)

Nah, menurut konon, orang Inggrislah yang paling rajin berpuasa.
Setiap hari malah.

So, slamat breaking the fast..