Syukurlah gayung bersambut dalam takaran porsi & proporsi yang pas.
Kepengurusan RT-RW memang merupakan satuan terkecil dari bangun
masyarakat / bangsa. Tanpa mereka, simpul formal demokrasi yang bernama
pemilihan umum bakal sulit terlaksana. Tanpa mereka, program-program
pemerintah semisal penghijauan di perkampungan kota atau keluarga
berencana di pedesaan tak mungkin berjalan. Singkat kata, RT-RW adalah
ujung tombak pelaksanaan seluruh program pemerintah (top-down).

Sebaliknya, aspirasi masyarakat (bottom-up) hanya tersalur melalui
pemilihan umum. Dalam konsep perwakilan maksudnya cukup praktis, memberi
mandat kepada 'ahlinya' (orang-orang partai). Dengan tujuan, para wakil
itulah yang memperjuangkan suara masyarakat di tingkat negara.

Dengan kata lain, rusaknya dayaguna aparatur negara terjadi karena
aparat negara hanya menjadi perpanjangan-tangan pemerintah; komunikasi
dalam bangun masyarakat kita hanya berlangsung satu arah, dari atas ke
bawah. Realita klasik tentang mampetnya saluran dari bawah ke atas ini
sudah cukup tepat dibidik Budiman - keterlaluan kalau bidikannya meleset,
wong ini masalah klasik..

Persoalannya, Budiman Sudjatmiko yang mantan ketua umum sebuah partai
dan sekarang tercatat sebagai anggota DPR-RI dari partai yang lain (artinya
masih orang partai), coba mendobrak kemampetan ini dengan
membangun jaringan informasi di tingkat pedesaan. Gagasan itu samasekali
tidak salah, apalagi dia memilih jaringan yang berbasis sibernetik.
Lebih-lebih kalau jaringan siber itu dibangun mulai dari RT-RW sebagaimana
pernah digagas Ono Purbo dalam kasus lain.

Namun, yang pasti, perbaikan dayaguna aparatur negara akan jauh lebih
efektif apabila kontrol terhadap jajaran aparat negara berjalan dengan
semestinya. Dengan menyuarakan aspirasi masyarakat. Dan ini, menurut
sistem ketatanegaraan kita, adalah tugas dari dewan perwakilan rakyat
alias orang-orang partai.

Jadi, upaya membenahi dayaguna aparatur akan semakin benar jika partai
dan orang-orangnya menjalankan peran & fungsinya dengan benar.

Bukankah Budiman Sudjatmiko masih orang partai?
Atau, dia memang mengalami kesulitan dalam menggalang partai-partai
(terutama partainya sendiri) untuk menjalankan peran & fungsinya
dengan benar?

--- tjuk kasturi sukiadi <kasturi_suki...@...> wrote:

> [...]
> Pokoknya gue nggak dirugikan buat apa mikir  yang lain. Kondisi di kota
> lebih parah lagi karena LURAH sepenuhnya adalah PEJABAT PEMERINTAH (
> SETINGKAT DIBAWAH CAMAT) . Pak Lurah bukan lagi orang atau penduduk
> kelurahan setempat. Lalu bagaimana ada terkaitan batin antara Pak Lurah
> dengan wilayah kelurahan dan penduduknya. Di kota sepenuhnya
> pemerinthyan republik ini tergantung kepada kinerja para Ketua RT dan
> RW. Tenaga relawan yang tak bergaji inilah sebenarnya tulang punggung
> penyelenggaraan negeri ini. Wassalam Tjuk KS

(...)