elu ngga ngerti point gua.
gua kasih contoh fisika bukan mau menunjukkan sesuatu yg rumit.
itu cuman contoh aja. kata fisika bisa elu ganti pake
bahasa indonesia, geografi, berhitung, membaca, atau
apapun yg menurut elu ngga rumit2 amat untuk dipelajari.

point nya adalah, ideologi atau ajaran apapun (termasuk atheism) tidak menjamin
penganutnya bermoral baik.
ketika agama melarang umatnya untuk nyolong, ngga ada jaminan
umatnya ngga nyolong.

manusia punya freewill dan punya tingkat ndablegitas yg ber beda2.
ada yg dikasitau sekali langsung ngerti dan nurut, ada yg udah
dikasi tau puluhan kali, sampe ditunjukin videonya segala, masih ndableg juga
(coba baca thread gravitasi kalo ga percaya).

jadi pertanyaan elu itu emang konyol.
apakah agama efektif mengajarkan moral sama aja dgn
pertanyaan apakah sekolah efektif membuat orang pinter.

elu ambil contoh negara yg banyak korupsinya dan umatnya beragama
lalu nanya efektifitas agama.
padahal banyak negara lainnya yg tingkat korupsinya kecil tapi
umatnya tetep beragama, tapi elu pura2 budeg aja kan.
mau liat pemerintahan atheis yg bejad juga gampang koq, asal
elu mau objektif kagak milih2 kasus.
polpot itu atheis dan tukang bantai orang.
elu mau bilang polpot itu moralnya luhur ya?