Kayaknya ciri budaya Indonesia itu suka puas diri..

Tiap kali kami mengundang tetangga orang Belanda makan malam atau kami diundang
makan malam dirumah mereka saya suka bertanya: "Apa lagi keluhan kalian..?"

Jaminan sosial yang masih belum bagus?

Daftar tunggu spesialis yang panjang?

Pada hal dari hasil survey jaminan sosial dan jaminan kesehatan di negeri
Belanda itu termasuk yang terbaik di Eropa.

Dan jawab mereka biasanya adalah bahwa mereka tahu bahwa jaminan sosial dan
jaminan kesehatan di negeri Belanda bagus tapi mereka maunya lebih bagus lagi...

Saya juga teringat dengan berita hail survey yang saya baca beberapa bulan yang
lalu yang menjelaskan bahwa perempuan Swedia itu termasuk yang paling maju di
Eropa. Dan tak lama kemudian saya baca tulisan dari seorng perempuan Swedia
yang bilang bahwa masih banyak kondisi perempuan Swedia yang perlu diperbaiki...