Orang Perancis lebih banyak menulis tentang Islam di dunia modern, sedangkan
orang Jerman lebih banyak menulis tentang sejarah lama Islam, seperti Lulling
dan Luxenberg..

Disamping Gilles Kepppel, yang juga jeli analisanya adalah Olivier Roy. Tahun
1992 saat Iran masih jaya-jayanya dia sudah memperhitungkan  bahwa Islam
politik itu akan gagal. Dan itulah yang kita lihat sekarang terjadi di Timur
Tengah: orang Islam memilih demokrasi dan nggak ada lagi demonstrant yang pake
t-shirt dengan gambar Bin Laden..