aku pernah baca sejarah Indonesia, terutama argumen Liem Koen Hian yang
mendirikan Partai Tionghoa Indonesia

Liem Koen Hian ini yg juga menolak ideologi kebangsaannya soekarno karena pada
dasarnya orang tionghoa itu berideologi kosmopolitianisme/universal

dulu orang2 tionghoa awalnya dipaksa beragama islam, tapi mereka pada akhirnya
memilih beragama kristian

sebelum ada idologi pancasila, banyak orang tionghoa tidak punya agama, karena
ada pancasila, mereka harus beragama...

sialan bukan?