> ayub yahya <ayubyahya@...> wrote:
> Wang.. belajar bible bukan spt
> belajar quran.. diterima mentah2
> seperti yg tertulis

Sama saja kalo cara membacanya Quran atau Bible, yaitu sama2 sebelum baca harus
udah percaya dulu.

Memang begitulah semua agama harus percaya dulu baru melihat kebenarannya.

Beda dengan ilmu pengetahuan, harus melihat kebenarannya dulu baru percaya.

> dlm bible, pohon ara tuh hanya simbol
> era yesus, pohon ara simbol

Iya, sekarang dianggap simbol, tapi dulu sih orang2 belum mengenal simbol.
Jadi maksudnya pohon ara yang dikutuk Yesus menjadi kering tujuannya gertak
sambel untuk nakut2in orang.

Sekarang juga kalo mau nakut2in cewek atau orang2 tentu biasanya mereka gertak
sambel dengan kata2: "Gue santet berak jarum pentol lu",  Ini khan kalo mau
dipikirin pake otak juga bisa dianggap simbol, padahal maksudnya bukan simbol
tapi gertak biar orang2 takut sama kita.  Prabowo juga kalo gertak enggak
mengutuk pohon jadi kering, juga enggak menyantet berak jarum, tapi dia bilang
"Gue culik lu".

Begitulah, gertakan itu bukan simbol, pohon Ara jadi kering itu bukan simbol,
tapi untuk kasih contoh biar orang takut.

Sekarang umat Kristen sudah enggak kayak dulu, udah enggak membolehkan main
gertak2an.

Ny. Muslim binti Muskitawati.

 bangsa yahudi/israel