begini nih kalo orang kelamaan di pesantren..
otaknya jadi belegug.. segalanya ditelen mentah2

- disini roti jangan diinterpretasikan sbg makanan doang,
   roti simbol kebutuhan duniawi (tekhnologi, politik, sosial..etc)

- dan firman adalah moralitas ( etika, humanity..etc)

simple kan ?!

jadi bukan trus ngapalin ayat2...

paham ??