Kemarin Marlene dan saya mengunjungi pameran koleksi hasil kesenian Islam lama
koleksi Professor Nasser D Khalili yang diberinya nama "Passion for Perfection".

Yang pertama-tama menarik, sebelum kami membeli karcis masuk adalah tempat
pameran itu dilangsungkan: tempat ibadah orang kafir,  Nieuwe Kerk ("Gereja
Baru") disamping Istana keluarga kerajaan Belanda di Amsterdam; lalu yang
memiliki koleksi Seni Islam itu adalah  Nasser D Khalili, orang kaya Yahudi.

http://www.suite101.com/content/nieuwe-kerk-presents-nasser-d-khalilis-collection-of-islamic-art-a317668

Koleksi hasil kesenian Islam itu sungguh mengesankan.

Semuanya menunjukkan kesanggupan orang Islam untuk menghasilkan karya seni yang
memerlukan presisi dan teknik yang rumit.

Dan saya juga jadi ingat kemegahan Alhamra dan mesjid Cordoba yang pernah saya
kunjungi hampir setengah abad yang lalu..

Sambil berjalan menuju ke restoran Nam Kee untuk makan malam bersama kemenakan
angkat saya orang Perancis bersama istrinya orang Kroasia dan anak kecil mereka
yang berkunjung ke negeri Belanda, kami tak habis-habisnya membulak balik
pertanyaan ini: apa yang salah dengan Islam itu, kenapa sekarang yang
dihasilkan orang Islam itu adalah kenistaan, onar dan teroris...