Refleksi : SBY sponsor Laskar Jihad ke Maluku dan Sulawesi Tengah untuk
membasmi kaum Nasrani disana, sekarang repot dengan konco-konconya.

http://www.tempointeraktif.com/hg/politik/2011/03/24/brk,20110324-322529,id.html

Al Khaththath: Musuh SBY itu Banyak, Termasuk Para Jenderal
Kamis, 24 Maret 2011 | 12:45 WIB
Besar Kecil Normal

Forum Umat Islam (FUI) melakukan aksi di depan Istana Negara, Jakarta, Senin
(1/6). Massa kembali meminta kepada pemerintah agar segera membubarkan aliran
Ahmadiyah yang dianggap sesat. Tempo/Tony Hartawan

TEMPO Interaktif, Jakarta - Laporan investigasi kantor berita Al Jazeera sangat
mengejutkan. Sejumlah jenderal TNI berada di balik gerakan anti-Ahmadiyah serta
kekerasan terhadap jemaatnya di Indonesia. Para jenderal diam-diam mendukung
gerakan itu karena memiliki tujuan sama, menjatuhkan Presiden Susilo Bambang
Yudhoyono dari kekuasaannya.

Laporan investigasi Al Jazeera yang dirilis Selasa, 22 Maret 2011 lalu itu
memuat wawancara dengan pimpinan Gerakan Reformasi Islam, GARIS, Chep Hernawan.
Chep mengaku didukung jenderal bintang tiga dalam gerakan anti-Ahmadiyah.
Laporan ini juga memuat pernyataan Sekretaris Forum Umat Islam, Al Khaththath,
yang membenarkan adanya Jenderal yang mendukung gerakan anti-Ahmadiyah oleh
sejumlah organisasi Islam. "Saya tidak mengatakan, kecuali saya ketemu dan saya
tahu ada jenderal yang ingin menggulingkan (Yudhoyono)," kata Al Khaththath
seperti dikutip Al Jazeera.

Forum Umat Islam merupakan organisasi Islam yang menempatkan sejumlah nama
dalam jajaran Dewan Revolusi Islam. Soal dewan ini juga dimunculkan dalam
laporan Al Jazeera. Nama-nama tersebut ditempatkan dalam posisi Dewan Fuqoha,
kepala negara dan wakil kepala negara, menteri, serta DPRS/MPRS. Rabu 23 Maret
2011 kemarin, Tempo mewawancarai Al Khaththath di kantor Tim Pengacara Muslim
di Jalan Fatmawati, Jakarta. Berikut petikannya:

Bisa jelaskan soal Dewan Revolusi Islam itu?

(Dewan) itu kalau (pemerintahan) kosong, kita, umat Islam siap kapan saja
memimpin. Bukan hanya (ormas) Nasional Demokrat. Kan waktu Itu Nasdem juga
mengeluarkan daftar, ada Sri Sultan, Surya Paloh, kami juga siap.

Nama-nama itu saya yang menyusun. Saya yang mengeluarkan pada bulan Maret tahun
lalu. Waktu itu kan lagi rame-rame (kasus) Century, tiba-tiba kita dengar bahwa
Nasdem menyatakan siap mengambil alih kekuasaan kalau terjadi kevakuman. Ya,
kita kasih tahu, bahwa umat Islam juga siap mengambil alih kekuasaan kalau
terjadi kevakuman.

Penyusunan Dewan Revolusi Islam itu dibahas dalam rapat FUI?

Saya susun sendiri saja. Kan saya Sekjen FUI berhak menyusun-nyusun seperti
itu.

Anda sebelumnya meminta persetujuan kepada orang-orang yang namanya disebut di
jajaran dewan itu?

Saya kirim ke SMS. Kalau nggak salah, ada itu di bawahnya, "Sip nggak ini".
Kalau ada yang nggak tahu, mungkin nggak sampe SMS-nya. Kan saya banyak
meng-SMS, mungkin lupa.

Kalau penyusunan Dewan revolusi Islam ini disebut makar?

Memang ada urusan makar itu? Kalau terjadi kevakuman politik, masa makar? Kalau
kabinet habis karena misalnya tsunami di Jakarta, Presiden, menteri, habis
semuanya, terus kemudian kita berinisiatif melanjutkan pemerintahan, apa itu
disebut makar?

Laporan Al Jazeera menyebut bahwa sejumlah purnawirawan jenderal berada dibalik
gerakan anti-Ahmadiyah untuk menggulingkan SBY?

Al-Jazeera ilusi saja tuh.

Siapa saja para jenderal itu?

Nggak tahu saya, kan saya nggak nyebut. Dulu saya pernah sampaikan di TV One,
SBY jangan menambah musuh karena yang memusuhi SBY sudah banyak, termasuk
jenderal-jenderal, saya nggak sebutin jenderalnya siapa. Hak saya untuk tidak
menyebut.

Kenapa ini baru dimunculkan sekarang?

Nah, itu yang harus anda cari. Saya sendiri nggak ngerti kok, tiba-tiba ada
yang ngeluarin.

Apakah tujuan anda menyusun Dewan Revolusi Islam itu untuk konsumsi sendiri?

(Saya) perang SMS dengan orang-orang Nasdem. Maksudnya, kita ingin tunjukkan
bahwa bukan cuma orang Nasional Demokrat yang siap, umat Islam juga siap.
Begitu saja.

Dalam dewan juga disebut nama Jenderal Tyasno Sudarto?

Dia yang saya anggap layak. Kalau saya sebutin yang pangkatnya kopral kan nggak
layak dong.

Apakah susunan kabinet ini terstruktur dengan baik?

Lah, saya kan sekjen FUI, punya pengetahuan yang cukup. Sekarang pun kalau
diserahkan ke saya, akan saya susun kabinetnya. Kenapa memang?

Kalau diminta, susunannya bakal sama?

Bisa sama bisa beda. Kalau misalnya ada yang bilang oh, saya nggak sanggup,
kita ganti dengan yang lain. Orang Indonesia banyak. Maksudnya jangan kultuskan
bahwa yang berhak itu orang-orang yang ada sekarang di kabinet. Semua rakyat
Indonesia kan berhak. Itu kan hal yang biasa-biasa saja.

Apakah penyusunan Dewan Revolusi Islam ini berimplikasi serius?

Oh, nggak tahu saya. Kalau saya serius mengumumkannya sekarang, pastilah media
anda sudah dapat undangan. Saya bikin konferensi pers, ini, saya umumkan dewan
revolusi.

AMIRULLAH
Berita terkait
  a.. Istana Tak Yakin Ada Purnawirawan Mau Kudeta
  b.. Ba'asyir Ingin Bentuk Negara Sendiri
  c.. Baasyir: Tak Perlu Kudeta SBY, Ganti Sistem Saja
  d.. Baasyir Tak Tahu Namanya Masuk Dewan Revolusi
  e.. Pensiunan Jenderal Dikabarkan Dukung Penggulingan Yudhoyono