Okey,
jadi itu kan:
'kalau bukan dari Allah tentu mereka dapati' (pertentangan).

Dengan kata lain,
karena dari Allah tentu mereka tidak dapati (pertentangan).

Contoh gampangnya,

"Kalau si uplik bukan tolol tentu dia dapat (tunjangan)"

Dengan kata lain,
"Karena si uplik tolol tentu dia tidak dapat (tunjangan)"

So, apa yang bikin situ jejingkrakan "game over"?