> khusus mengenai adanya tuhan dan rumus2
> matematika tentang alam yang bersifat
> mekanistik&kuantitatif, disini
> kenyataan nya dibagi menjadi dua/
> dualisme;res ekstensa&res kogitans
> kira2sesuatu yang dapat di ukur
> mengenai panjang lebar nya & barang
> yang berfikir.

Jangan ngomong yang susah2, Descartes bukan Muslimin, dan juga bukan ulama
Nasrani, tapi dia Filosoofer tulen.  Sederhana koq pendapat dia, dia cuma mau
menerangkan bahwa segala bentuk ilmu pengetahuan hanya berfokus kepada dua
kegiatan yang sifatnya "real" dan "abstract".

Yang bersifat real itu bentuknya "materialisme" seperti teknik membangun
gedung, perhitungan dan kalkulasi matematikanya.

Yang bersifat abstract itu bentuknya "non-materialisme" seperti teori2
matematika, idea2, rumus2 matematika, dll.

Jadi urusan agama dan kepercayaan merupakan kegiatan materialisme juga seperti
aktivitas menyembah Tuhan (padahal Tuhannya itu abstract).

Kegiatan materialisme adalah kegiatan yang "ada", sedangkan kegiatan yang
abstract adalah kegiatan yang "tidak ada" karena sifatnya hanya idea atau
renungan.

Ber-angan2 juga merupakan kegiatan abstract.

Demikianlah, roh, setan, Tuhan, Allah, dan keimanan itu semuanya merupakan
"object abstract" yang tidak punya kegiatan sama sekali.

Ny. Muslim binti Muskitawati.