ada banyak filsafat, contohnya

filsafat islam
filsafat buddha
filsafat kristian
filsafat materialism/fisikal
…
nah manakah yg paling mendorong kemajuan ilmu pengetahuan?

filsafat manakah yg paling jitu buat world view?? (saya tidak menyatakan ada yg
salah dari salah satunya, karena ini pilihan saja)

dan saya menyatakan bahwasanya materialism adalah world view yang paling
ilmiah, saya membicarakan pengetahuan ilmiah/pengetahuan yang riil...

ada satu catatan penting dari VI Lenin...

"sosialisme kita, bukan sosialisme utopia, karena dibangun dari cara pandang
yang ilmiah yaitu materialisme"

tapi, saya...memberikan kritik atas VI Lenin juga bahwasanya gen yg
bertentangan ternyata ada di dalam tubuh biologis manusia,

artinya juga, kapitalisme juga merupakan hal yang ilmiah...

---
dari sini pola ekonomi hanyalah cara atau mekanisme mencapai tujuan, demi
kesejahteraan massal, namun hendaknya semuanya dibangun atas pemahaman yang
ilmiah, pemahaman yang realistis...

dari sinilah, saya lebih tertarik kepada hal-hal yang ilmiah terlebih dahulu
daripada sekedar membicarakan sosialisme dan kapitalisme yang hanya merupakan
suatu efek-efek distribusi keadilam mahluk alam yang bernama manusia...