Bagi saya membandingkan agama bukan membandingkan ajarannya yang menyuruh
umatnya menyembah Allah apa bukan, juga tidak penting membandingkan apa yang
dikatakan Quran tentang Ibrahim, Ismail, Ishak dll dengan apa yang di katakan
Bibel tentang tokoh2 tsb, kalo toh ada perbedaan juga memang kenapa? itukan
hanya dongeng, sama saja legenda tentang Dewi Sri antara orang Sunda dan orang
jawa juga ada perbedaan, tapi ya biarkan sajalah wong namanya juga dongeng.
Yang lebih penting apa yang di lakukan oleh pemeluk agama2 tsb. Pohon dikenal
karena buahnya, baik buruknya agama dikenal dari kelakuan para pemeluknya, dari
sinilah penilaian dibuat.

Bagamanakah batasan nabi?. saya berpendapat setiap orang bisa menjadi nabi.
penjelasan ini silahkan baca posting saya di thread Lead Zeppelin say: yang tak
terpahami part 2. tapi kalo menurut bibel ada berapa banyak nabi, jawab saya
embuh, ndak tahu, mungkin orang kristen ada yang bisa jawab, tapi bahwa ada
perbedaan pengertian antara Islam dan Kristen tentang Nabi dan rosul saya rasa
sampeyan benar dalam hal ini.

Kalo ndak salah nih yah, yang disebut rosul menurut Islam adalh orang yang
menerima wahyu untuk dirinya sendiri dan untuk umatnya, sedangkan nabi hanya
untuk dirinya sendiri, jadi setiap rosul pasti nabi, kalo nabi ndak tentu rosul
CMIIW. lah dalam kristen yang disebut rasul adalah murid2nya Yesus, mungkin
rosul bermakna utusan yaitu orang yang diutus untuk mrngabarkan injil,
pengertian ini diperluas, orang yang melakukan pengabaran injil juga bisa
disebut melakukan tugas kerasulan, lah yang di maksud nabi yaitu utusan tuhan
seperti Musa, Adam malah dalam ajaran kristen tidak termasuk nabi, Daud juga.
cmiiw. Betul kalo ndak diklarifikasi bisa salah pengertian dalam berdiskusi.

Rahayu