Visi kedepan…(by wawan setiawan)
May 30, 2011, 2:02 am | Edit this
Filed under: Uncategorized

Pokok masalah:

Bangsa Indonesia mengalami banyak sekali permasalahan kompleks, sejak jaman
dutch indies sampai saat ini…
Permasalahan utama saya lihat adalah sikap  mental yang mudah menyerah, mudah
pasrah, cepat puas, atau sering narsistik (membanggakan diri/budaya sendiri
secara chauvinisme dan tidak rasional)  tidak menganggap penting arti hidup di
dunia, atau lebih mementingkan akherat (seperti ajaran agama), dan terutama
sikap kurang inisiatif dan tidak punya pemikiran original yang dikembangkan
dari pengetahuan-pengetahuan yang didapatnya baik dari bangsa lain atau budaya
sendiri (sebenarnya sbg penganut paham internasionalisme, saya tidak mau
membedakan budaya sendiri dan budaya luar, atau batas-batas tapal negara.
Bagi saya, sebenarnya nasionalisme mengandung senjata pembunuh matinya manusia
yang bernama sense kemanusian/manscheid/humanity.

Penyakit kronis bangsa Indonesia dari nenek moyang hingga sekarang, juga hobby
masturbasi pengkultusan individu,  seperti pengkultusan thd figur sosok nabi,
atau founding fathers. Sebenarnya sifat2 tersebut menurut saya akan menjadi
bumerang bagi englightenment yang didefinisikan oleh Immanuel Kant. Kant sangat
mementingkan pentingnya enlightenment adalah originalitas diri positive diri
yang diekspresikan.

Pokok masalah berikutnya adalah budaya-budaya yang ditinggalkan oleh belanda,
misal korupsi VOC, dan kita tidak mau mengubahnya. Masa lalu  adalah sejarah,
kesalahan masa lalu tidak berarti harus dilestarikan, dan tidak boleh diubah.
Revolusi budaya bukan berarti  tidak menghargai nilai-nilai nenek moyang, tapi
kita harus menuju kepada sesuatu yang bersifat lebih baik. Perjalanan waktu
adalah dielektikal/perubahan.

—