di facebook ada bahasan, tentang arroganisme, sombongisme dlsb...

saya akan coba mulai buka wacana dan pengalaman saya thd hal diatas...

----
Di Indonesia, selalu diwacanakan sebagai manusia harus rendah hati, nerimo,
jangan sombong dan lain sebagainya...

ini seperti brainwashed, ...

sombong, arogan, banyak distigmakan negatif di indonesia, terutama stigma yang
berasal dari agama....

faktanya, saya lihat banyak orang yang pemikirannya cerdas revolusioner justru
mereka orang yang arrogan dan sombong,
kita ambil contoh steven paul jobs atupun bill gates...

tradisi orang2 silicon valley rata2 arrogan, sombong, tapi juga bisa rendah
hati,
termasuk si markie zuckie (zuckerberg)

di ranah sepakbola, kita tahu bahwa si mulut besar jose mourinho adalah seorang
arrogan, tapi dia sering membawa sukses...

jadi tidak selamanya sombong dan arrogan selalu bersifat negative, justru itu
bisa menjadi potensi kekuatan karakter seseorang....

---
tanpa bermaksud membela diri,
saya 6 bulan masuk ke perusahaan IT, jadi konsultan, saya di test psikologis,
dan test harvard matrix psycho dlsb...

awalnya saya memang sering berkonflik dng 'orang yg tidak becus' bahkan
beberapa orang sudah 'go out' sejak saya masuk...

saya sendiri sebenarnya agak risih dng pembawaan saya,

alkisah, awal april kemaren perusahaan menyewa konsultan manajemen agar kita
bisa saling mengenal karakter, termasuk karakter si bosss,

para top management dikumpulkan lalu diulas karakternya...

bagian saya...diulas ini karakter unique nan langka, ada 4 karakter, saya
double merah atau double karakter api, jadi simbolnya api kuadrat, sedangkan
lainnya campuran warna merah (aktive motori/inisiatif), kuning (hati2, lebih
pertimbangan), hijau (passive), ungu (kayaknya air, saya agak lupa)

nah dalam penjelasan tsb diterangkan bahwa saya punya sifat motorik sangat
kuat, dan memang dijelaskan saya tipe arrogant, berbahayanya bisa menarik ke
negatif dan menarik ke positive...tapi juga dijelaskan arogansi saya mengandung
reason logis sangat kuat....

disini selanjutnya ada konseling lanjutan, bahwa arrogansi saya tidak harus
dihilangkan, lha ini karakter, tapi arrogansi yang lebih dipositive-kan....

-----
dari sini saya mengerti, semua sifat punya kekuatan dan kelemahan, termasuk
sifat arrogan dan sombong, dari itu semua adalah yang penting positive,

sekali lagi seperti tradisinya para ceo silikon valley, hampir rata2 disana
orang2 arrogant, tapi positive dalam berkarya....

-----
ada opini lain mungkin?