> Agama dan dongeng2 Allah-nya bukan aksioma karena kepercayaan sama
> sekali bukan kegiatan ilmiah melainkan kegiatan berkhayal.

khayal yg ada buktinya, jadi jelek atau baik.

bagi yg percaya science silahkan tapi science tidak bisa menyelesaikan solusi
bagaimana caranya menjawab keinginan batin manusia untuk hidup abadi, dan
caranya mengubah manusia dari dalam.

jadi science punya kekuatan dan manfaatnya. agama juga punya dari sisi yang
lain yaitu pengalaman subyektif yg sekalipun tidak "ilmiah" tetapi asli. Kamu
tidak bisa mengatakan orang jatuh cinta atau benci itu tidak ilmiah. Perasaan
itu fakta. Demikian pula orang yang mengaku bertemu sosok gaib atau alien anu
itu sebagai tidak sah karena tidak sesuai standar ilmiah. itu bisa saja benar2
fakta dan tidak boleh kamu bilang tidak ilmiah hanya karena kamu tidak bisa
mereplikasikan di lab atau eksperimen.

tapi bagaimanapun aku adalah scientist juga, karena aku punya gelar resmi dari
tiga disiplin ilmu yang berbeda dan satu yang tidak bergelar, mungkin spt kamu
juga, dan aku tahu semua yg kamu sebut sebagai metodologi ilmiah, aksioma,
teori, hipotesis, dan sebagainya. Aku melakukan riset dalam kerjaan dan aku
pakai logika penalaran ilmiah.