Dalam kepercayaan beragama, spt saya pernah bilang sebelumnya,
antara orang Indonesia dan Filipina itu punya pikiran tak jauh-
jauh amat, hampir serupa.

Bisa jadi dari gen dan ras, sama-sama rada dungu !
Juga dari letak geografi, ibaratnya Filipina itu terusan
dari pulau Sulawesi.

Disebutkan, di Filipino orang sekarang ini lagi pada ribut.
Pasalnya ada seorang seniman kotemporer,Mideo Cruz, yang
membuat salib dan Yesus, yg dihidungnya dirubah dengan penis.

http://technology.inquirer.net/2865/offended-filipinos-turn-to-internet-to-assail-ccp-over-%E2%80%98penis-art%E2%80%99/

Sebagai info, rakyat Filipino sebanyak 94 juta biji dan
Kresten Katholik 85%. Tak karuan saja banyak orang protes,
karena ada penghinaan terhadap jeger umat, Yesus. Malahan
presiden Filipino Benigno Aquino bersabda:

" Saya tekankan bahwa semua orang itu punyak hak, tapi
kalau hak ini menyakitkan pihak lain, ini tidak beres !
Saya ingatkan kebebasan itu tidak aboslut." sabari merintah
utk menutup galeri.

Walaupun orang Filipino se-dungu orang Indonesia, tapi hal
ini hanya menimbulkan sebatas lingkungan debat kebebasan ber-
ekspresi.

"Mereka boleh-boleh saja merasa tersinggung, tapi tidak
ada alasan utk menutup galeri tersebut " kata jeger dalam
bidang seni Filipino.