Waktu acara buka puasa bersama di Negeri Belanda, membuatku kangen dengan
masakan Indonesia ala Makassar.

Segera kumasuki KBRI Indonesia di Denhaag dan memang ternyata beberapa makanan
khas Indonesia ala Makassar telah tersaji dengan sempuna di meja makan.
Ada ta'jil Bassang (terbuat dari jagung) dan kolak pisang..
Sedangkan Makanan besarnya ada ikan bakar Bolu/bandeng dan Sop Konro (iga sapi)

Singkat cerita setelah acara beramah tamah dan serangkaian acara doa dan
sambutan serta kultum.
Tibalah saat mencicipi makanan yang tersedia.
Adzan sudah terdengar.
Tibalah saat untuk membatalkan puasa.
Akupun dengan sigap mengambil ta'jil yang tersedia.
Bassang dan kolak pisangnya saya cicipin ...
Yummy...
Waduh uenak dan segar....
Bahkan rasanya jauh lebih enak dari makanan yang saya pernah cicipin di
Makassar.
Tiba giliran makan besarnya...
Aku pun mengambil bolu/bandeng bakar berikut sambel cobe-cobenya dan juga sop
konro yang masih panas...

Alamaaak kata orang Malaysia..
Uenak tenaaan kata orang Jawa...
Assauna Dottoro kata orang Makassar...
Benar-benar tokcer dan mantaaaap.......

Maknyuusss dech...

Lagi-lagi kedua makanan tersebut jauh lebih enak dari makanan yang sama yang
saya makan di Makassar...

Penasaran dengan hal ini, akhirnya saya mencari tahu ke koki yang masak makanan
tersebut.

Setelah ketemu dan berbasa-basi sejenak, akhirnya saya tanyakan kenapa makanan
ini jauh lebih enak dari makanan di Makassar?

Ternyata menurut koki, karena semua hidangan baik jagung untuk bassang, pisang
untuk kolak, bolu/bandeng maupun iga sapi yang mereka pakai untuk hidangan
adalah barang import, sementara kalo di Makassar jelaslah kalah enak karena
memakai produk lokal.

Trus saya tanya:
"Lho Importnya dari mana?"

"Semua kami import dari Makassar Mas .....":)

Selamat Pagi..

Charles Asiku
PIN: 21ef6d92