ALKITAB
VERSI AL
QUR’AN

Alkitab versi Al Qur’an? Apaan pula ini? – inilah hasil sulapan pak
Hakekat.

Inilah rumah pak Hakekat yang baru hasil disain kaum Muslim. Sungguh
indah sekali dalam model Arabian. Disana-sini tampak hiasan tulisan-tulisan
kaligrafi garapan ahli ukir asal Suroboyo yang sudah tak asing lagi: Cak
Semprul.

Cak Semprul-pun memberikan keterangan sebagai laporannya kepada saya;
“Pak Hakekat, karena kata-kata: “KITA” itu sudah ketinggalan zaman, maka
sekarang saya ganti dengan kata-kata: “KAMI.” Kalau di Alkitab kata-kata:
“KITA” cuma beberapa, sekarang sudah saya perbanyak menjadi 1613 kali dengan
kata-kata: “KAMI.” Padahal kata-kata tunggalnya: “AKU” hanya 313. Lebih kuat di
Al Qur’an ‘ kan ?!”
– Wouh, fantastik sekali, kata saya dalam hati, sambil leher ini saya gosok
dengan olie Mesran Super untuk manggut-manggut tanda kekaguman terhadap karya
besar Cak Semprul, ayahandanya Bonek.

Cak Semprul-pun melanjutkan: “YAHWEH juga sudah saya ganti dengan
ALLAH, lalu YESUS KRISTUS saya ganti dengan ISA AL MASIH, sedangkan ROH KUDUS
saya ganti dengan ROHUL QUDUS. Tujuan saya mengganti nama-nama ini supaya
orang-orang Arab Jahiliyah mudah tertarik. Mereka ‘ kan sudah tidak asing
dengan penyembahan
kepada Al Latta, Al Uzah, dan Al Mana. Karena itu saya yakin pasti mereka akan
cepat akrab dengan

nama: AL ILAH[ALLAH] dan AL MASIH. Iya, ‘ kan pak Hakekat?” – Kembali saya
manggut-manggut mengiyakannya sambil terus-menerus memolesi olie Mesran ke
leher, yang kemarin baru saya ganti rantainya.

“Tapi bagaimana dengan peranan YESUS sebagai TUHAN PENCIPTA, apakah
masih kelihatan, pak Prul?” Tanya saya.

“Beres, pak Hakekat; Filipi 2:6-7:  “yang walaupun dalam rupa Allah, tidak
menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang
hamba, dan menjadi sama dengan manusia.” Ayat ini sekarang saya ganti: “Maka ia
mengadakan TABIR [yang melindunginya] dari mereka,  lalu KAMI MENGUTUS RUH KAMI
kepadanya, maka
ia MENJELMA di hadapannya  [DALAM BENTUK]
manusia yang SEMPURNA.” – Maryam 17. Sama persis ‘ kan
isinya, tapi nuansa padang
pasirnya kental sekali. Lebih romantis suasananya.” Ujar Cak Semprul
membanggakan karyanya.

“Sementara itu Yohanes 1:2-3: “Ia pada mulanya bersama-sama dengan
Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang
telah jadi dari segala yang telah dijadikan” saya ganti dengan ini: “Maka AKU
bersumpah dengan TUHAN yang mengatur tempat terbit dan terbenamnya matahari,
bulan dan bintang; sesungguhnya KAMI benar-benar MAHAKUASA.” – Al Ma’arij 40.
Lebih mantap ‘ kan ?
Peranan YESUS sebagai Pencipta alam semesta ini lebih kelihatan ‘ kan ?” –
Ckckckck
.........  saya benar-benar kagum dengan
kepintaran Arek Suroboyo ini. Cak Semprul ini benar-benar disainer bertangan
dingin. Maklum dulunya ‘ kan
bakul Es Teler?!

“Pak Hakekat, ayat ini juga sudah waktunya diganti: Yesus mendekati
mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan
di bumi.” – Matius 28:18. Karena itu sekarang saya disain seperti ini: “Namanya
ISA AL MASIH putra Maryam, seorang Terkemuka di dunia dan di akhirat dan
termasuk orang-orang yang didekatkan [kepada ALLAH].” – Ali Imran 45. Lebih
angker, kayak Onta jantan yang sedang kehausan, ‘ kan ?!”

“Begitu juga dengan Kisah 2:36: “Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan
pasti,
bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan
Kristus." Sekarang bunyinya menjadi: “Jibril berkata: Demikianlah TUHANmu
berfirman: Hal itu mudah bagiKU; dan agar dapat KAMI menjadikannya SUATU TANDA
bagi manusia dan sebagai RAHMAT dari KAMI ……… dan hal itu suatu perkara YANG
SUDAH DIPUTUSKAN.” – Maryam 21.

“Roma 6:5: “Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama
dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan
kebangkitan-Nya” saya ganti dengan: “Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan
kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku MENINGGAL dan pada hari aku
DIBANGKITKAN HIDUP KEMBALI.” – Maryam 33.

Saking kagumnya, tanpa terasa saya telah menghabiskan setengah liter
olie Mesran Super hanya untuk geleng-geleng kepala saja. Leher saya sampai
mengkilat.

“Lalu, Yohanes 14:3: “Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah
menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke
tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.” Ini saya ganti
menjadi: “Tidak ada IMAM MAHDI selain ISA putra Maryam.” - Kitab MAJAH Bab
AYYIDATUZZAMAN.

“Yohanes 15:5: “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya.
Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab
di luar Aku kamu
tidak dapat berbuat apa-apa.” Ini saya ganti menjadi: “LA ILAHA ILLALLAH.”

Ckckckck....... saya berdecak semakin kagum. Nggak rugi mengupahnya
semilyar. Benar-benar seorang yang berbakat menjadi Romo.

Demikianlah model Alkitab yang versi Al Qur’an; makin keren aja, ya?!
Tepuk tangannya donk?! Bravo untuk Cak Semprul yang telah berjerih-lelah
merenovasinya. Semoga semakin hari semakin Romo aja.