Assalamu¡¦alaikum Wr..Wb

Iyo prof ambo alah hampia setahun barulang Papua ¡V
Jakarta. Allhamdullilah kaba lai elok dan semoga prof
sekeluarga pun sehat2 sajo. Ambo waloupun jarang tapi
lai acok mencogok mail, justru ambo nio tanyo kama
prof dan Mamak2 nan lain, terlihat jarang posting ?
Ambo patang telpon Mamak Abrar Yusuf ke aussie,
allhamdullilah kabar liu pun elok2 dan beliau
mangeceik lai taruih mambaco, tapi baa tu taragak
menjadi pembaco sajo kini ?

Kaba tatarimo barasiah disiko Uda Elthaf,  tatitip
salam juo dari ambo untuk dunsanak sado nyo diriau ļ,
ambo pun berdoa semoga Uda Elthaf dan keluarga penuh
dalam limpahan rahmat allah.

Oleh ¡V Oleh Papua

Indonesia bener seperti banyak kata orang ¡§Bagian
Dari Tanah Surga¡¨ hampir seluruh wilayah dari
indonesia terbentang keindahan alam yang mengagumkan.
Jendral perang dunia kedua untuk asia pacifik ¡§Mac
Arthur¡¦ mengatakan bahwa papua adalah surga kedua
setelah afrika.

Hampir semua daerah dipapua sudah ambo kunjungi,
Transportasi utama dibumi papua ini adalah pesawat,
hampir semua daerah mempunyai landasan pesawat yang
bisa didarati pesawat foker or mungkin boeing.

Lama saya mencoba untuk mempelajari karakter mereka
sampai cara mereka berbahasa, lambat tapi pasti saya
tidak merasa kesulitan berdialog dan mereka. Saya
berani mengatakan Minang dan Papua Cuma terdapat
sedikit sekali perbedaan. Kedua daerah ini sama2
menganut pemahaman Tanah Ulayat, Potensi kedua daerah
ini juga sama2 hebat bila dikelola, Penduduknya sama
mempunyai egoismes yang kuat, Perbedaannya mungkin
tingkat pendidikan kedua daerah ini Minang boleh
dibilang setingkat lebih baik dan Mereka cenderung
pemalas, Ingat !! Cuma setingkat lebih baik.

Dahulu seorang Baridjambek mengatakan 10th lagi kita
orang Minang bisa jadi pekerja bagi orang papua,
Rasa2nya saya pun baru menyadari adanya kemungkinan
hal itu akan terjadi, Bumi ini kaya akan hasil bumi
nya, anggaran pengembangan untuk masing2 daerah
mungkin bisa dua kali lipatnya satu kabupaten yang ada
di Minang.

Ujung pandang adalah daerah target mereka
mengembangkan pendidikan, Banyak sekali mereka
mengirim putra daerahnya belajar kesana, ah semoga
kita Minang bisa lebih baik dihari yang akan datang.

Tugas utama saya ketika pertama kali tiba adalah
mempelajari bagaimana freeport mengembangkan teknologi
setelah itu saya diamanahkan memimpin team untuk
membangun kota cyber city di Kabupaten Jayapura.
Kalou dunsanak ada yang sempat datang mungkin lain
waktu ke bumi papua, dunsanak bisa melakukan survey di
3 tempat Kabupaten Jayapura, Provinsi Jayapura. Disana
sudah terbangun kota wireless yang menjangkau semua
kecamatan dengan koneksi 512kbps.

Internet masuk keseluruh pelosok desa, Internet
merambah sekolah2 yang akan dijadikan sekolah
unggulan. Komunikasi antar dinas menggunakan Web
Camera. Sekarang semua sudah terbangun, Infrastruktur
sudah tertata dengan rapih, saya pun dipercaya sebagai
staff ahli Gubernur dan Bupati dalam pengembangan
teknologi.  Lama saya sempat termenung, saya seorang
Minang asli yang sangat mencintai Minang, keinginan
utama saya adalah melakukan sharing ilmu yang saya
miliki untuk kemajuan Minang. Tapi Ironisnya saya
justru mengembangkan teknologi dinegri orang ?Ironis
Memang!!

Bersambung dioleh ¡V oleh berikutnya¡K¡K

Wassalam
Ronal Chandra