Assalamu'alaikum Wr..Wb

Pagi hari ini diatas gunung cerah, setelah bumi timur
indonesia ini diguyur hujan seharian. Jam 9:30 saya
turun gunung dengan santai, kebeneran supir sedang
cuti istrinya melahirkan, terpaksa menjadi supir
dipagi ini.

Dengan santai saya mengendarai mobil dengan tidak lupa
menyetel kaset Minang yang sengaja dibawa dari
jakarta, Haah selalu saja tiap pagi hati ini rindu
akan kampuang halaman :-)

Membaca posting Da Z iyo batua ambo menunggu Minang
Air bilo lah ka tibo? Tapi disaat yang bersamaan hati
ini pun kembali dibayangi ketakutan yang teramat
besar, Haruskan Minang kalah dari Papua ? coba lihat
dan bandingkan, berapa banyak industri Airlines tumbuh
diMinang dan Bandingkan berapa banyak Airlines dengan
label "Papua"?

Hari sabtu nan lalu, ambo mengunjungi komunitas Minang
terbesar diJayapura, Hebatnya mereka pun survive
disini, sanggup berkompetisi dengan cina yang mulai
menguasai perekonomian Papua. Akhirnya talapeh taragak
babahaso Minang jo Dunsanak disiko :-)

Satu hal yang membuat saya haru dengan mereka disini,
mereka merindukan Minang bisa maju dan kembali kemasa
jayanya, Mereka bertanya tentang Rantaunet yang saya
promosikan dengan sangat baik :-)

Kembali kemasalah pertumbuhan Ekonomi, Tampaknya
sebentar lagi kalou Minang tidak berubah, Papua akan
jauh meninggalkan Ras ini, Mungkin disaatnya nanti
Minang cuma akan dikenal karena individunya, itupun
kalou mereka mau mengaku sebagai orang Minang ? Sedang
Minang sebagai sebuah Komunitas, Haaah mungkin hanya
akan jadi sebuah kenangan...:-(

Itu sejenak dari ambo, selamat pagi jakarta dan
dunsanak semuanya.

Wassalam
Ronal Chandra