Alam Takambang Jadi Guru

From: ronal chandra <[EMAIL PROTECTED]>

Assalamu'alaikum Da Z :-)

Da z ada beberapa alternatif pengembangan tekhnologi da, tapi ambo cubo ambil nan menengah. Harusnya dengan adanya otonomi daerah pemda daerah lebih punya kekuatan untuk menggerakan ekonomi dari sisi tekhnologi.

Pertama, daerah harus melakukan monopoli tekhnologi
pada pelaku bisnis dan kampanye amal kepada bidang
pendidikan. satu tahun anggaran mungkin kota padang
menghabiskan 100 - 200 Milyard, saya butuh dana 100
juta untuk mengembangkan tekhnologi, yang merupakan
investasi awal dan berlaku seumur hidup (tidak mahal
untuk ukuran sebuah lembaga).

Dana itu akan saya gunakan untuk 50jt pembelian vsat
pribadi pemda daerah dengan kecepatan 64kbps dengan
iuaran bulanan sekitar 2juta dengan psn. Sisa dana
yang 50juta akan saya pergunakan untuk membeli
perangkat Wirelles dengan asumsi satu paket wirelles
mempunyai harga 5-10jt yang akan saya letakan
dibeberapa titik.

Satu titik paket pertama wirelless akan saya letakkan
di smu 1 padang, yang nantinya vsat akan saya tembakan
ke paket wirelless yang saya pasang di smu 1 padang
dan kemudian akan saya share kedalam sebuah lab
komputer yang terdiri mungkin 10 - 20 komputer (atau
adakah lab di smu 1 padang)?.

Kemudian saya sebagai pihak pemda akan membuat MOU
kerjasama dengan smu 1 padang dengan tawaran. bila
per-anak melakukan internet ria diwarnet mengeluarkan
biaya 5-10rb perjam, maka saya menawarkan peranak 5rb
perbulan tapi dengan koneksi internet 24jam, tinggal
mengatur jadwal pemakaian.

saya berasumsi kalou smu 1 padang mempunyai pelajar
dari keseluruhan muridnya 1000 orang maka perbulan,
sekolah akan mempunyai penghasilan tambahan sekitar
5jt. Caranya mungkin dengan membuat peraturan bahwa
setiap pelajat wajib mengenal tekhnologi sejak dini,
hal yang baik bukan ? saya yakin smu 1 akan jadi
sekolah terbaik diindonesia ;-).

Kedua, tekhnologi sudah terpasang dengan vsat +
koneksi sementara 64kbps dengan investasi awal 100jt.
Dipapua pemerintah daerah membuat peraturan daerah,
bahwa semua perusahaan yang akan menjadi rekanan pemda
harus berkantor dilingkungan atau sekitar wilayah
pemerintah daerah tersebut, ditambah dengan semua
perusahaan yang akan menjadi rekanan harus memenuhi
persyaratan berikut yang salah satunya harus sudah
maju dari sisi tekhnologi, so pemda bisa menawarkan
jasa tekhnologinya.

Pemerintah daerah harusnya menguasai semua asset yang
berada dilingkungannya mulai dari (Bandara, industri
perhotelan, industri perbankan, sekolah, universitas
dan lainnya. Investasi tekhnolog menjadi mahal karena
setiap entitas melakukan investasi perorangan yang
membuat tekhnologi menjadi mahal. pemeritah daerah
harus bisa memayungi semua industri yang ada dibawah
kekuasannya, selama ada keuntungan timbal balik
tentunya :-)

Yang diperlukan pemerintah daerah berpikir kreatif dan
mengemasnya tekhnologi menjadi sebuah sumber PAD bagi
daerah yang nantinya akan menjadi kebahagian untuk
masyarakatnya :-)

Ok sebenernya masih banyak sekali alternatif
tekhnologi yang bisa dikembangkan dengan biaya yang
relatif murah ;-)

Wassalam
Ronal Chandra