Izinkan saya turut menambahkan yang kurang dari ulasan sanak kasadonyo,

Saya menyetujui komentar Pak Adrisman seperti yang saya kutipkan juga
dibawah.
"Kita harus belajar cara2 berdiskusi yang elegant, karena tidak jarang dalam
diskusi2 tersebut akan muncul hal2 menarik yang  mungkin tak terfikirkan
sebelumnya."
Dengan menyampaikan pemikiran secara elegan maka pastilah kita mengikut
segala konsekuensinya. Mencari argumen tanding secara logis, memilihkan kata
dan kalimat yang bermakna lugas- tidak mudah disalahpahami, serta berusaha
memahami konteks diskusi secara cermat. Barangkali analoginya sama ketika
kita berniat untuk tidak pernah sekalipun berbohong maka kebaikannya boleh
jadi berimplikasi pada peningkatan kualitas aspek lain dari kehidupan kita.

Boleh jadi karena ketidakbiasaan kita berdiskusi secara tepat telah
menyebabkan banyak waktu orang lain terbuang percuma. Tidak biasa untuk
memulai membuka sidang diskusi atau tidak biasa untuk meningkahi suatu forum
debat yang tengah berlangsung.

Salah satu akibat ketidakbiasaan tadi adalah diskusi yang tidak bernas
seperti yang sedang terjadi dalam forum yang membahas subjek "politisi
busuk".   Kita menjadi jauh dari substansi yang sebenarnya hanya karena
"manuver" yang dilakukan Teten Masduki.  Sebelum isu poligami muncul saya
amati forum sudah berkembang baik. Ide untuk menemukan argumen tambahan baik
menggunakan kriteria Islam maupun kriteria adat minang,  adalah amat baik
untuk diadaptasi oleh aktifis-aktifis gerakan anti politisi busuk.

Belum lagi kita membicarakan secara lebih lanjut mengenai kebaikan ide
gerakan anti politisi busuk, kita (meski asalnya dari Teten) malah secara
prematur telah membawanya ke ranah yang tidak kontekstual. Isu poligami,
poliandri, berlanjut kepada pembelaan partai-partai islam, isu konspirasi
melawan Islam dibalik gerakan anti politisi busuk, bahkan sampai  pada niat
meng-counter gerakan anti politisi busuk itu sendiri. Padahal awal mulanya
adalah keprihatinan dari Sidi Lukman Piliang yang "basobok jo apak apak
anggota DPRD  Sumatera Barat yang kini duduak sebagai terdakawa di PN
Padang".  Beliau didalam posting yang pertama kalinya bersubjekan "Politisi
Busuk" mengatakan "beko awak rundiangan lah di palanta ko sahinggo gerakan
anti politisi busuak di padang dapek format yang sesuai jo caro awak di
kampuang...."

Hmmmm......Barangkali inilah cara lain dari dunia untuk terbalik (meminjam
ungkapan pak Mochtar Naim)

Gerakan anti politisi busuk, gerakan anti korupsi, atau apapun namanya
adalah bukan soal yang mudah untuk dilaksanakan. Bahkan sebatas dibicarakan
kita seringkali menjadi patah semangat oleh hal-hal yang tidak perlu.
(mudah-mudahan dua Ormas Islam terbesar NU dan Muhamadiyah memiliki cadangan
semangat dan kesetiaan untuk selalu istiqamah dalam memperjuangkan agenda
anti korupsinya)

Mudah-mudahan posting berikut dari dunsanak kasadonyo dapat memberi
kontribusi yang lebih bermakna.

Wassalam

Yopi Fetrian