Wassalamu'alaikum wr. wb.

Kalaulah imbauan nakan Ronal dimaksudkan supaya otak urang
rantaunet tidak cepat aus karena dipakai diskusi yang berat2
dapat kiranya dimaklumi.
Namun sebaliknya, pengkhabaran (istilah jiran kita) yang
pseudo-scientific mohon juga dibatasi supaya logic gate
nya jangan sampai shut down pelan-pelan.
Seperti yangdikutip sanak Nofen sbb:
----------------------------------
Mempolitisir dunia pendidikan telah berjalan sejak beberapa waktu terakhir.
Bukti dari peminggiran dunia pendidikan Sumatera Barat tersebut, saat ini
bisa terlihat. Tidak satupun pejabat negara, jebolan Sumatera Barat atau
Minangkabau. Hal ini tidak bisa terus dilakukan, karena walau bagaimanapun
juga industri otak musti kembali harus dimunculkan lagi.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki yang sistim pendidikan
dan diatuasi yang telah cukup carut marut tersebut, diantaranya adalah
dengan menyiapkan anggaran yang cukup besar bagi sector pendidikan.
Memberikan penghargaan yang tinggi kepada para pendidik berupa peningkatan
gaji dan tunjangan lainnya serta yang tak kalah pentingnya adalah
menciptakan sebuah sistim pendidikan yang benar-benar berkualitas.
"Menurut saya ada upaya yang sengaja dilakukan agar kualitas SDM di Sumatera
Barat menurun, Upaya ini dimungkinkan karena pihak-pihak yang tak
bertanggung jawab tersebut selalu menerapkan atau menciptakan situasi yang
membuat sulitnya dimunculkan intelektual Sumatera Barat" kata Drs H St Ambia
B Boestam, di Simpang Tj Nan Empat Kecamatan Danau Kembar, Kamis (11/3).
-------