Assalaamu’alaykum wa Rahmatullaahi wa Barakatuhu

Pemilu di Tokyo kemarin dilakukan di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) dari pukul 9:00 sampai pukul 20:00. Sekitar 612 orang mendatangi TPSLN SRIT kemarin sehingga suasana di SRIT menjadi ramai dengan kehadiran para pemilih dan cukup baik diantisipasi oleh para pedagang makanan dari bakso, roti dan sebagainya, yang umumnya adalah warga Indonesia yang menetap di Tokyo dan sekitarnya. Selain di Tokyo, ada juga TPS di Osaka yang tempatnya di di KJRI Osaka.

Saya dan keluarga tiba di SRIT sekitar pukul 13:00 dan waktu itu cukup ramai orang yang datang sehingga ada antrian pendek untuk mencoblos. Karena kami membawa dua orang anak, saya minta istri untuk mencoblos duluan, dan saya tunggu sambil menjaga anak-anak kami, dan melihat-lihat daftar caleg dari parpol yang ada. Setelah istri selesai barulah saya mencoblos. Kebetulan antrian sudah habis sehingga saya tidak perlu menunggu giliran. Di pintu masuk TPS saya menunjukkan kartu panggilan pemilih dan kemudian saya diberikan surat suara oleh KPSLN di meja sebelahnya. Di Jepang kami memilih caleg DPR untuk Daerah Pemilihan Jakarta 2 (Jaksel dan Jakbar) dan surat suara itulah yang diberikan kepada saya.

Setelah saya memeriksa kesempurnaan kertas suara barulah saya memasuki tempat pencoblosan. Di tempat pencoblosan dengan membaca basmalah saya coblos tanda gambar partai no. 16 (PKS) tanpa ragu-ragu, sedangkan untuk calegnya, karena saya pikir suara untuk Dr. Hidayat Nurwahid pasti akan banyak, maka saya putuskan untuk mencoblos nama Drs. Ahmad Yani, yang kebetulan buku khutbahnya sering kami gunakan di kampus sebagai sumber untuk khutbah Jum'at yang dilakukan bergiliran di sini. Istri sendiri mencoblos nama Ustadzah Aan Rohana, yang sering juga memberikan pengajian secara online kepada para muslimah di Jepang.

Selesai mencoblos dan memasukkan kartu suara, seperti dalam prosedur kami diminta untuk mencelupkan kelingking kiri ke dalam tinta yang sudah dipersiapkan dan keluar TPSLN. Alhamdulillaah selesai sudah satu pekerjaan yang walaupun mungkin sepele, tetapi insya Allaah dapat berkontribusi dalam membuat negara Indonesia lebih baik.

Penghitungan surat suara untuk hasil coblosan kemarin dimulai sekitar pukul 21:00 waktu Tokyo dan dihadiri oleh kalangan mahasiswa, KBRI dan masyarakat lainnya di Tokyo. Surat suara yang pertama keluar adalah untuk PAN, tetapi kemudian dengan cepat diikuti PKS, PDIP dan partai-partai lainnya. Persaingan suara terlihat di partai-partai papan tengah (no.10 sampai no.20) yang dipimpin oleh PKS yang dalam waktu satu jam penghitungan sudah mendapatkan suara lebih dari 100. Ini diikuti oleh PDIP dan PD yang bersaing ketat, dan kemudian oleh PAN dan PDS. Di Tokyo hampir semua partai mendapatkan suara kecuali Partai Patriot Pancasila dan PSI. Partai-partai Islam selain PKS tidak mendapatkan suara yang signifikan, PKB 17, PPP 5, PBR 1, PBB 1. Penghitungan suara diakhiri dengan keluarnya suara untuk PKS dengan caleg no. 1 yang memberikan suara ke 231 bagi PKS di TPSLN Tokyo, hasil yang sangat signifikan dibandingkan dengan penghitungan suara Pemilu 99 di tempat yang sama saat PK hanya mendapatkan 70 suara.

Di Osaka yang hanya diikuti oleh 58 orang, PKS juga mendapatkan tempat teratas dengan 17 suara disusul oleh PAN. Alhamdulillaah ternyata kerja keras yang dilakukan oleh kader dan simpatisan PKS selama 5 tahun terakhir mendapatkan pengakuan dari masyarakat Indonesia di Jepang, walaupun kami di sini masih akan menunggu hasil penghitungan suara untuk surat yang dikirimkan tanggal 12 April nanti (lebih dari 6000 suara), tetapi kemenangan kemarin memberikan semangat yang sangat besar bagi para pendukung PKS. Allaahu Akbar!

Demikian sedikit laporan pemilu dari Tokyo, mudah-mudahan kita bisa mendapatkan kabar dari sanak di negara lain mengenai pelaksanaan pemilu di sana.
Wassalaamu'alaykum wa Rahmatullahi wa Barakatuhu
Muhammad Arfian
090-6149-4886
"Isy Kariman Aw Mut Syahidan"

Hasil Lengkap Sementara Pemilu TPSLN Tokyo menurut nomor urut partai

1. PNI-M ........ 2
2. PBSD ......... 3
3. PBB .......... 1
4. PM ........... 1
5. PPP .......... 5
6. PDK .......... 2
7. PIB .......... 3
8. PNBK ......... 2
9. PD .......... 84
10. PKPI ........ 4
11. PPDI ........ 1
12. PPNUI ....... 1
13. PAN ........ 68
14. PKPB ........ 4
15. PKB ........ 17
16. PKS ....... 231
17. PBR ......... 1
18. PDIP ....... 88
19. PDS ........ 46
20. PG ......... 34
21. PPatriotP ... 0
22. PSI ......... 0
23. PPDI ........ 1
24. PP .......... 2
TIDAK SAH ....... 8
---------------------
TOTAL : 609

Hasil Lengkap Sementara Pemilu TPSLN Osaka menurut suara terbanyak

1. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)...............17
2. Partai Amanat Nasional (PAN)..................11
3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)...7
4. Partai Damai Sejahtera (PDS)...................7
7. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)................3
8. Partai Demokrat (PD)...........................3
9. Partai Bulan Bintang (PBB).....................2
10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)............1
11. Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI).....1