Assalamu'alaikum Wr...Wb

Sabtu 24 April 2002, jam 15 wib saya kembali
menginjakkan kaki dibandar udara soekarno jakarta
untuk kembali beraktivitas normal dijakarta setelah
sebelumnya dipercayakan untuk bertugas dibumi timur
diindonesia ( papua ) selama hampir 1th.

Sebuah perjalanan panjang dengan semua pernik - pernik
yang terjadi. Sebagai seorang manusia yang mempunyai
banyak sekali keterbatasan, saya sama sekali tidak
pernah percaya bisa menyelesaikan tugas yang diberikan
dan membawa team pulang dengan kepala tegak, karena
asingnya medan yang dihadapi, besarnya proyek yang
harus dikerjakan dan masalah2 lain.

Papua dan komunitasnya adalah hal asing bagi saya,
sama sekali tidak punya bekal dan terpikir untuk
berinteraksi dengan mereka semua. Hari pertama
memimpin team saya katakan pada semua team bahwa kita
adalah "Great Team", kita tidak harus menjadi orang
luar biasa untuk bisa membangun komuniksi dan
kerjasama dalam melakukan tugas kita ini, tapi yang
saya dan kita butuhkan adalah kita sanggup bekerja
dengan sepenuh hati untuk bisa menyelesaikan semau
tantangan.

Hampir seminggu saya duduk kembali dimeja kerja saya,
masih tanpa aktivitas karena saya ingin rileks dan
santai sejenak. Lama saya berpikir dan merenung
tentang semua yang sudah saya bersama team lakukan.
saya ingat seorang pejabat daerah memeluk saya erat
karena saya harus kembali ke jakarta untuk waktu yang
tidak dipastikan, saya ingat seluruh staff waktu saya
berpamitan melambaikan tangan dan berbicara dengan
logat papua yang saya juga sudah kuasai, iyah saya
ingat semuanya ......

Banyak orang bilang kehidupan di timur indonesia keras
dan berat bukan cuma disebabkan taktor genetik yang
orang timur lebih besar2 dan kasar tapi kehidupan
keseharian mereka emang sangat berat. Tapi saya merasa
berada dinegri saya sendiri, dikampung saya sendiri,
sanggup berinteraksi dengan mereka, tertawa dan
bekerjasama dengan mereka.

Saya ingin berjalan ke Barat, begitu yang keluar dari
hati saya saat duduk merenung, karena sebagai orang
Minang yang dibesarkan dirantau selalu bertanya kenapa
kita selalu tidak bisa untuk bekerjasama ? atau
membangun sebauh "Great Team" atau mungkin kita semua
adalah orang luar biasa ?

Kita butuh sebuah "Great Team", Minang mungkin bisa
trus terpuruk dengan kondisi terparah tapi tanpa
"Great Team" kita tidak akan pernah bisa keluar dari
masalah......

Wassalam
Ronal Chandra