On Wed, 10 May 2000, Khairi Yusuf wrote:

> Zubaidi wrote :
>
>     Meskipun begitu secara umum tetap saja wanita sangat dienakkan di dalam
> Islam. Apa sih beratnya berbakti pada suami kalau istri itu benar-benar
> menyintai suaminya?

Ya ya ... apa SIH beratnya....????  :-)   :-)
(hanya saja si Neng dan si Gadih ragu, seandainya penulisnya perempuan,
dia tidak akan menulis dengan kalimat yang menggampangkan seperti itu...
:-))

> Apa beratnya menghabiskan banyak waktu untuk anak dan
> pengurusan mereka bagi ibu-ibu yang sangat menyintai putera/puterinya? Dengan
> cinta segala yang berat menjadi ringan, bahkan yang sakit pun terasa nikmat,

Iya ya...?????
Apa SIH beratnya menghabiskan banyak waktu untuk anak dan suami...???
Nggak berat kan...!!!

Anak yang ini nangis, tinggal membujuk... (paling satu jam)
Anak yang lain lapar, tinggal nyuapin... (syukur-syukur nggak berulah)
Baju anak ini kotor, tinggal nyuci... (paling cucian segerobak)
Bahan dapur habis, lari ke pasar...(harus mikir mana yang paling penting,
                                    karena segala mahal)
Waktu masak... ya tinggal jungkir balik di dapur...(paling lima jam)
Rumah diobrak-abrik anak... rapiin lagi saja....
PR anak sudah selesai?.... cek aja apa susahnya...
Anak-anak sudah Shalat?... tinggal nyuruh kok....

** Ya deh.... ya.  Lha... tapi kalau anak-anak lagi bandel, berantem,
berulah, dan nggak mau nurut... ?

Yah.... sabaaar, bujuk, tenangkan... kamu kan ibunya....!!!

**  Kalau anak nggak mau di bujuk, gimana.... ?

Neng... yang namanya membujuk kan harus sabar, kalau perlu berjam-jam...

** Belum lagi ngurus suami ya...?

Ngurus suami itu sudah kewajiban, jangan jadikan alasan...!!!!

** Kalau begitu waktu untuk dirimu sendiri kapan...???

Lho... kaum ibu kok mikir diri sendiri sih....
yang namanya berbakti itu 'rela', tanpa pamrih...
Kalau dengan cinta... semua terasa nikmat... :-)

** Jadi betul kata 'mereka', "APA SIH BERATNYA ...!" ???

Ya, Mereka kan lebih tahu dari kita, jadi perempuan itu gimana...  :-)

** Lho, tapi mereka kan bukan perempuan... kok bisa ?

Hush... Neng...
Terlepas dari penilaian seseorang yang bukan kaum ibu, (dan tak
pernah jadi ibu), tentang berat tidaknya SIH jadi ibu,
YANG JELAS KITA MEMANG BANGGA KAN, JADI SEORANG IBU....!!!!

** Jadi.......?????

Jadi...Hei... perempuan.... apa SIH BERATnya berbakti pada suami...
Suami baik, penuh perhatian, taat agama, sayang anak istri... ???
Jadi harus berbakti... urus anak dan suami...
dengan cinta.... segala yang berat jadi ringan.... :-)

** Oooohhh iya  yaa... Betul...

Emang nggak berat sih...
Makanya malah senang berbakti dan patuh pada SUAMI....

** Eh... tapi tunggu dulu dong...

** Bagaimana kalu kita terpaksa bilang 'tidak', karena perintah suami
tidak jelas dan/atau kita kebetulan punya alternatif lain yang mungkin
lebih baik....?

** Bagaimana kalau kita harus menggeleng atau 'argue' karena mereka
merasa  dirinya selalu benar dan paling benar...???

** Bagaimana kalau kita terpaksa bekerja di luar rumah, supaya anak
bisa makan yang bergizi...? bagaimana kalau kita terpaksa cari
uang sendiri karena kebetulan suami lupa anak istri...?

** Bagaimana kalau kita 'terpaksa' protes, karena
tindakan suami yang semena-mena dan merasa paling berkuasa....?

** Bagaimana....???

Hush...
Olalalala.....Neng...
Kamu ini bagaimana sih...?!?!?!?
Bisa-bisanya kamu mengatakan ada suami nggak punya perhatian,
Bisa-bisanya kamu bilang ada  suami lupa anak istri,
Bisa-bisanya kamu 'nuduh' ada suami mau menang sendiri
Bisa-bisanya kamu protes ada suami ringan tangan
Bisa-bisanya kamu ngomong ada suami 'petualang'...
Nggak ada itu....!!!!!!

** Ada... !!!!

Nggak...!!!!

** Ada....!!!!

Nggak....!!!

** Ada...!!!!

Nggak....!!!!... pokoknya nggak ....!!!
Yang namanya Suami nggak begitu.... !!!!

** Lho.... lho... lho...  Kalau yang begitu itu namanya bukan 'suami',
lantas apa dong...????

Lho... Neng,...Kok kamu nanya aku, aku perempuan mana bisa tahu....???
Tanya langsung dong sama orangnya...

(Si Neng lalu manggut-manggut,)
** Oooo.... jadi mereka-mereka yang memperlakukan perempuan seperti itu,
namanya  bukan suami toh...????
Lha... kalau bukan suami, berarti nggak wajib berbakti dong, nggak wajib
'patuh' dong.... nggak perlu nurut dong....?&%$#@ (bingung)...

Yaaah.... kalau bisa kita 'ingat'kan dulu kekhilafan mereka....

** Kalau nggak bisa ?, kalau nggak boleh ? Kalau malah kena marah?

Coba dulu.....!!!!

** Walaaaahh...  Gitu saja kok jadi repot.....!

Hush... Sana ambil udhuk.... waktu shalat sudah masuk... !!!!

salam jo maaf,
anak dusun.

LAPAU RantauNet di http://lapau.rantaunet.web.id
Isi Database ke anggotaan RantauNet: