Mak Ngah,

Dari dialog Mak Ngah dengan Ustad Pudin saya menarik kesimpulan.
Berhubung bumi ini tidak datar, jadi matahari tak cocok di pakai untuk
menentukan arah kiblat. Kemudian pak Ustad mengatakan pakai saja GPS.
Ternyata karena  Mak Ngah ada di Santa Cruz dan bukan di Santa Kuruih hasil
perhitungan koordinat GPSpun ternyata tidak sahih karena harus di tentukan
pula di mana lokasi GPS saat perhitungan koordinat terjadi. Dari Santa
Kuruih, Pak Ustad dengan 21o:25'16" Lintang Utara dan 39o:49'29" Bujur
Timur)
sementara dari Santa Cruz Mak Ngah dengan Latitude = 36°58' N   Longitude =
122°01' W. Time = GMT - 8h    Qibla =  19°24' E (From N). Jadi, saya yang
tidak ngerti ilmu bumi boleh dong mulai menarik kesimpulan? Bahwa ternyata
titik koordinat kiblat itu ternyata bisa bermacam-macam, tergantung tempat
dan waktu.  Mak Ngah yang tinggal di Santa Cruz tentunya akan shalat dengan
menggunakan koordinat Santa Cruz terhadap Mekah dan tak dapat menggunakan
koordinat ustad Pudin dari Santa Kuruih . Oo, yayai! Untunglah Mak Ngah
karena Ka'bah itu sendiri lokasinya tak pernah berubah maka tidak usah lah
membuat saya bingung pula kemana harus mencari kiblat. Tampaknya yang
paling penting adalah saya tahu dimana saya berada sebab dibalik bumi
manapun saya berada saya toh tahu bahwa shalat saya akan di terima oleh Alah
SWT.

Wassalam,

Evi

Kalau begitu, saya yang tidak ngerti ilmu bumi boleh dong menarik kesimpulan