ass.wr.wb

Ambo saketek tanyo koa Mamak2.
Waktu pulang kampuang, saya manghadiri kikahnya anak kakak, di kampung, yg
acaranya di adakan di tempat istrinya, untuk di ketahui, bahwa dari kecil
saya sudah akrab dengan keluarganya terutama dengan adik2 istrinya, pas
waktu acara makan-makan, saya berniat membantu mereka, karena saya nggak
enak hati melihat cowok2 repot menghidangkan minuman (adiK istrinya,cowok
semua). tapi saya dilarang membantu mereka, oleh paman2 saya. dan sampai di
rumah, paman merasa nggak enak hati karena takut orang menyangka, bahwa
paman saya tdk mengajarkan saya tentang adat.

lalu saya baradu argumen dg paman, sempat juga bersitegang, bahwa menurut
saya kalau memang adat kita berdasarkan agama, lalu kenapa saya di larang
membantu mereka. lalu paman bilang. karena berdasarkan agama itulah kita di
ajarkan bahwa kita musti tahu sdg berada di mana.  lalu saya bilang mereka
kan bukan siapa2, merekakan keluarga kita, dan lagi orang tuanya Paman saya.
( artinya istri kakak saya adalah anak dari adik nenek"paman")

Waktu pernikahan mereka , saya dilarang juga membatu

Jadi yg saya tanyakan : apakah adat tsb sesuai dg agama islam, ataukah
memang ada, adat minang itu banyak yg bertentangan dg ajaran islam (terus
terang aja yach)

Untuk sementara hanya itu yg saya tanyakan, dan masih banyak lagi

Terima kasih sebelumnya.

Ket: [email_anda] = isikan alamat email anda tanpa tanda kurung