Dek sibuk bana akhir-akhir ko, ado nan tacicie manjawek email nan
ditanyokan ka Admin. Di sampiang itu, semakin banyak garah yang indak
paralu talewakan di Lapau ko oleh dunsanak-dunsanak. Untuak itu ambo
sampaikan Nettiquette (dibawah), nan merupakan etika umum dalam
komunikasi melalui email. Memang Nettiquette ko alah banyak di tinggakan
urang dek semakin banyak dan semakin bergamanya kalangan pemakai email.
Tapi manuruik ambo ... rasonyo masih relevan, untuak manuju etika nan
elok dalam ba komunikasi.

Untuak pertanyaan dari Uni Sylvi ... harusnyo Uni mandapekkan Tata
Tertib RantauNet katiko subscribe. Jiko alun dapek dan alun mambaco Uni
Sylvi atau dunsanak nan lain nan alun mambaco ... bisa memintakan ke
[EMAIL PROTECTED]

Tarimo kasih.
---------------------------------------
MIKO - Administrator RANTAUNET
---------------------------------------
e-mail: [EMAIL PROTECTED]

NETTIQUETTE

Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka,
berkomunikasi dengan e-mail butuh tatacara sendiri. Bisa dibayangkan
jika hampir setiap hari ada jutaan e-mail dikirimkan dan diterima oleh
begitu banyak orang. Maka salah-salah kata dan cara pengiriman,
akibatnya bisa berarti fatal untuk diri sendiri atau malah merugikan
orang lain.

Sepertinya sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail yang
pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya
pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang pesan
di email dengan ucapan, "saya kira begitu", atau "betul." Nah, untuk
mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kita memperhatikan beberapa di
antaranya:

1. Memperhatikan kutipan dan automatic mailer messages Hati-hati dalam
melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar program
mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara
otomatis ke dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip pesan seseorang
dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu,
dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja. Pesan yang terlalu
panjang memakan file yang besar, akibatnya membuat loading menjadi
lambat, yang berarti akan menambah beban pulsa tidak hanya pada pihak
penerima, juga pada pihak si pengirim.

2. Memperlakukan e-mail secara pribadi.
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara
pribadi, perlu diperhatikan urgensi mengirimnya ke forum umum, seperti
kelompok grup atau mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat
komunikasi personal.

3. Tidak menggunakan Huruf kapital.
Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang
menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi
di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan
e-mail/chat, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak. Mungkin
saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud Anda.

4. Membicarakan Orang Lain.
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi
kejelekan-kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang Anda tulis.
e-mail memiliki fasilitas bernama 'Forward', yang mengizinkan si
penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain tanpa sepengetahuan
anda.

5. Hati-hati menggunakan Cc (carbon copy)
Jika Anda ingin mengirim email ke sejumlah orang (misalnya di
mailing-list), perhatikan kepentingan isi email dengan nama-nama yang
dicantumkan pada kolom Cc. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang
menerima e-mail anda akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain.
Belum tentu orang itu suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan
umum. Sangat perlu diperhatikan masalah kepentingan isi email dengan
orang yang akan di Cc kan. Gunakan Bcc (blind carbon copy) jika pesan
email itu tidak punya kepentingan langsung dengan orang yang akan
menerima email. Dengan cara ini hanya yang berkepentingan saja yang bisa
melihat alamat e-mail yang ada.

6. Masalah pengiriman Atthachment
Perhatikan besar file attachment (bytes) yang akan dikirimkan dan
kepentingan isi file attachment dengan orang yang akan kita kirimkan.
Sangat tidak dianjurkan mengirimkan attachment untuk mailing list. Jika
harus mengirimkan attachment yang besar bytes-nya, sebaiknya memintakan
persetujuan dari orang yang akan kita kirimkan.

7. Format HTML
Jika Anda mengirim email ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa
Anda yakin bahwa program e-mail rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika
tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya,
gunakan plain text saja.

8. Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga
pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang
panjang lebar dengan hanya menjawab dalam satu kata: "Good" atau
"Setuju" ... Wah, ini sangat menyebalkan.

Ini hanya sekadar "tips" mengikuti atau tidak mengikuti tidak ada
sanksinya kok, serta kita tidak bisa seenaknya menuduh orang sopan atau
tidak sopan atau malah menuduh tidak menghagai privacy orang lain hanya
karena tidak menjalankan Netiket ini. Karena di atas dari semua itu kita
harus sadari "internet hanyalah dunia maya" ... dunia yang hampir tanpa
batasan. Orang lain disekitar kita bebas melakukan apa saja yang dia mau
sepanjang tidak melanggar hukum. Tetapi alangkah baiknya kita selalu
dalam hubungan tata krama yang saling harga-menghargai.

Terima Kasih.