Salah satu kekeliruan orang-orang beragama, menurut Abdul Munir Mulkhan,
adalah penekanan yang berlebihan kepada Tuhan. Akibatnya, Tuhan sering
disalahgunakan untuk membenarkan perbuatan seseorang, baik dalam bidang
agama maupun urusan-urusan lainnya. Padahal, Tuhan menurunkan agama bagi
manusia bukan untuk diriNYA, tapi justru untuk manusia. Tuhan tidak
membutuhkan agama, tapi manusialah yang membutuhkannya. Karena itu, agama
seharusnya diorientasikan kepada kemaslahatan manusia, bukan kemaslahatan
Tuhan.
http://www.islamlib.com/wawancara/mulkhan.html

Jika seseorang berusaha berbuat baik dan melakukan kebayikan dengan sesama,
tapi dia tidak beragama apakah hal ini merupakan kesalahan.?
Kalau beragama menyebabkan seseorang menjadi tidak merdeka dalam hidupnya,
dan amat sangat tidak nyaman dalam bersikap dan menyebabkan keterbelakangan
serta memasung kretifitas, bukankah ini satu bentuk kejumudan.
Bisakah dijelaskan bahwa beragama merupakan jalan yang tidak demikian.?
Kesederhanaan memang menyenangkan akan tetapi menyederhanakan hak semua
orang,
Selama masih dalam koridor berpendapat kenapakah kita mesti mensakralkan
hal hal yang sangat terbuka.

kadangkala kenakalan menggembirakan.
Salam merdeka, rang akaik