-----Original Message-----
From: [EMAIL PROTECTED]
[mailto:[EMAIL PROTECTED]]On Behalf Of MULYADI
Sent: 28 Januari 2002 9:31
To: '[EMAIL PROTECTED]'
Cc: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [RantauNet] Jilbab dan Kasih sayang + lingkungan

Alhamdulillah saya setuju sekali ucapan uni di bawah ini, dulu kita disini
pernah juga membahas masalah jilbab, cuma awal pembicara adalah dari pria,
jadi para wanita disini kurang menanggapi, beda dg sekarang krn yg berbicara
adalah dari wanita sendiri.......

soal jilbab dilingkungan wanita modern ya. Aku coba kutip pendapat teman2
sekitarku soal ini, karena sudah beberapa waktu aku coba mengetahui gimana
sih pendapat mereka soal ini. Rata-rata dan hampir semuanya mempunyai
jawaban yang sama. (mereka lebih takut sama lingkungan dari pada Allah.SWT)

* Kesiapan mental untuk meninggalkan pola hidup saat ini
Banyak yang merasa belum siap secara mental & hati nuraninya
untuk memakai jilbab. Kamu tau sendiri gimana era globalisasi begitu kuat
mempengaruhi pola pikir, tingkah laku, dan busana apalagi kaum wanita begitu
banyak godaannya....baju yang stretch, rok mini, celana seksi, model rambut
yang ada-ada aja. Keinginan untuk ikut mengenakan semua itu sangat kuat,
sebagian besar ya pengaruh lingkungan & teman2...kalo ngga mengikuti
dibilang ketinggalan jaman. bukan berarti mereka itu ngga ngerti agama loh,
malah banyak juga yang agamanya lumayan bagus tapi
masih merasa belum siap...masih berupa niat aja. (red saya:"itu berari belum
ngerti agama nona")

* takut dengan respons lingkungan
Ini juga banyak yang jadi kendala, seringkali lingkungan menganggap wanita
berjilbab itu ngga oke diajak ngobrol soal segala macam, ngga bisa bergaul.
Padahal belum tentu yach. Trus kalo berbuat salah sedikit langsung jadi
pusat perhatian, "kok gitu sih sikapnya padahal kab berjilbab". Nah ini dia
banyak yang belum siap untuk selalu bersikap sempurna...tuntutan ini dari