ass ww

Saya mendukung saran dibawah.....

Beberapa bulan yang lalu saat si RN (atau Surau?) pernah ada bahasan tentang
zakat, saya ingin nimbrung, bercerita tentang pengalaman saya dalam
pengajian keluarga membahas ttg zakat. Namun karean waktu itu emailnya tak
kunjung selesai akhirnnya tak jadi terkirim....

Insya Allah, kali ini akan saya posting..........

Yang saya lihat praktek di lingkungan saya selama ini, zakat tsb disalurkan
tidak selalu melalui amil zakat, namun dapat diberikan langsung kepada yang
berhak. Namun dari suatu pengajian keluarga yang saya hadiri beberapa bulan
yang lalu, ustadz mengajarkan bahwa zakat haruslah dibayarkan lewat amil.
Sedangkan jika zakat tidak dibayarkan melalui amil, maka bukan disebut zakat
namun sedekah. Implikasinya, jika selama ini kita tidak menyalurkan zakat
melalui amil, maka artinya yang kita bayarkan belumlah memenuhi kewajiban
untuk menunaikan zakat. Ada beberapa dalil yang beliau kemukakan mengenai
wajibnya zakat dibayarkan lewat amil, diantaranya:

-Sesungguhnya zakat-zakat itu hnayalah untuk orang2 fakir, orang2 miskin,
pengurus zakat....... (QS 9:60)

-Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu
membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka....... )QS
9:103)

Saya sendiri masih mencoba mempelajari lebih lanjut tentang hukum pembayaran
zakat ini, karena sejauh ini baru dari beliau saya mendengar kewajiban
membayar zakat melalui amil. Mungkin diantara dunsanak bisa membantu
melengkapi tentang hukum ini (yang saya rasa berkaitan juga dengan pemahaman
antar mazhab).

Namun dari uraian-uraian beliau selanjutnya,
sangatlah menarik bagi saya untuk mengetahui betapa indahnya sistem ekonomi
Islam.

Dilihat dari fungsi yang sebenarnya, amil zakat tidak hanya bertugas
mengumpulkan zakat dan membagikan kepada yang berhak, namun lebih jauh lagi
juga harus memantau pengelolaan/penggunaan zakat tersebut. Kita sebut saja
si A, B dan C sebagai wajib zakat dan si D, E, F sebagai si fakir/miskin.
Zakat yang diterima dari si A, B dan C tidak dibagikan kepada si D, dll
semata-mata untuk dikonsumsi saja, namun juga untuk dimanfaatkan bagi
aktifitas ekonomi yang menghasilkan secara materi, misalnya berdagang.
Sehingga uang zakat yang dijadikan modal, diharapkan pada akhirnya akan
berkembang menjadi lebih besar dan pada akhirnya si D yang tadinya berada
pada posisi: penerima zakat akan membaik ekonominya dan berubah menjadi
pembayar zakat. Selanjutnya, uang zakat yang dibayarkan si D dapat pula
diserahkan kepada si F atau siapa saja yang berhak untuk dikelolanya pula
dalam rangka usaha memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kemakmuran. Peran
amil zakat disini adalah memantau pengelolaan uang zakat ini oleh si D, E,
F,dll, membimbing dan membantu agar usahanya berjalan dan berhasil. Dengan
demikian
jumlah pembayar zakat akan bertambah dari hari ke hari yang juga merupakan
implikasi dari peningkatan kemakmuran masyarakat, sementara jumlah si miskin
(penerima zakat) akan semakin berkurang dan kemiskinan pun teratasi.
Sungguh, betapa indah cara Islam mengentasi kemiskinan.

Dan bayangkan juga bagaimana indahnya Islam mengistimewakan para muallaf
sebagai penerima zakat....... karena kita tahu tidak sedikit muallaf yang
harus berjuang hidup, dikucilkan dari keluarga karena keimanannya....

Juga, sehubungan dengan QS 9:60 di atas bahwa amil/pengelola zakat berhak
atas bagian zakat yang dikumpulkannya, untuk menghindari "godaan"
penyelewengan mengingat mengurus zakat pastinya butuh waktu dan tenaga
sementara sang amil juga punya tuntutan hidup...

dst..dst...

Dapat kita bayangkan bagaimana kalau mekanisme ini bekerja dengan baik di
negeri kita. Jika sejak dulu hal ini telah kita terapkan dengan baik,
mungkin saat ini tak lagi kita melihat diantara saudara-saudara kita
terseok-seok di jalanan atau terbujuk rayuan mengorbankan iman. Atau mungkin
jika mulai sekarang kita sadar dan bergerak, insya Allah buahnya akan kita
petik dalam waktu yang tak terlalu lama....

wass ww
-Yeni-