From: rahim rahima [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Sunday, April 14, 2002 2:11 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Cc: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [RantauNet] Sholatlah sebagaimana aku sholat(jawaban saya)
--- Arman Bahar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamualikum ww.
> Ambo terkesan sangat dg posting2 sanak kito Rahim
> Rahima ko, namun dek ambo
> kini nan bak urang takalok, lalok sakalok barasian,
> mato tanido mimpi tibo,
> dapek dek ati kato bana, dipujuak indak kunjuang
> ilang, namun bana takana
> juo, lai juo nan takana di ati takilan dimato, ta
> ayang2 di udaro ta apuang2
> dilautan, nan bak duri dalam dagiang nan bak tulang
> di rangkuangan, ingin
> bana lah ambo mamintak jo maminto kabakeh sanak
> Rahima, nan duduak salalu
> [...]
Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

Bapak Arman bahar,terimakasih atas mailnya,

Begini Pak,sebelum saya menjelaskan bagaimana
sebenarnya maksud Hadist "Shalatlah kamu sbgmn kamu
melihat aku shalat".

Akan saya jelaskan dulu pada Bapak,bahwa ajaran Islam
itu (Al Qur'an dan Hadist khususnya) tidak turun
sekaligus.Al Qur'an saja turun menurut pendapat yang
terkuat selama 22 thn 2bln,22 hari.Begitupun Hadist
tidak sekaligus,tetapi menurut sikon
masing-masing.Oleh sebab itu ada di dalam kaedah agama
Islam,apa itu yang disebut dgn "Ilmu
Asbabunnuzuul"maksudnya.Ilmu-ilmu yang mengajarkan
kita ttg asal usul,konteks dari Al Qur'an dan Al
Hadist itu turun.Mengapa ayat ini turun,mengapa Hadist
ini di keluarkan oleh Rasulullah,dll sbgnya.(Tetapi
tidak semua ayat maupun Hadist ada asal usul ,atau apa
sebab turunnya ayat atau Hadist tsb).

Nah Bapak Arman,dari sekian lama itu turunnya Al
Qur,an dan hadist,tentu akan membawa efek,atau dampak
yang berbeda-beda,disetiap masa.Dari masa kemasa
ajaran Islam itu akan berkembang terus,namun didalam
perkembangan tsb,intinya tetap satu,yaitu "Menyembah
dan mengabdi hanya pada Allah SWT saja.".

Dari setiap ibadah,pasti akan kita menemukan
perbedaan-perbedaan tata cara setiap
orang,bangsa,kelompok--------(dikuduang, gan alah dibaco)------