Bismillahirrahmaanirrahiim,
Bundo-bundo
kanduang,Apak-apak,Uda-uda,Uni-uni,adiak-adiak,kamanakan,dst..dst..
Assalamualaikum Wr.Wb.
Memenuhi permintaan dari Apak Arman Bahar,sekaligus
"hadiah" buat kita semua di Hari dan Bulan yang penuh
bersejarah bagi Ummat Islam sedunia,dari Barat sampai
Timur,disini saya mencoba mengulas sedikit ttg Sejarah
kelahiran Rasulullah SAW,secara ringkas,karena takkan
mungkin akan saya ungkapkan secara
keseluruhannya.Kenapa..?Karena saking banyaknya yang
harus diceritakan dan diteladani dari hidup dan
kehidupan Rasulullah SAW.Dan saya yakin,disaat saya
memainkan key board ini,apa yang ada dikepala saya
sekarang ini,pasti akan banyak juga nantiknya,bila
telah terketik,disebabkan banyaknya sejarah Rasulullah
yang harus kita ketahui,pada dasarnya,karena kita
Ummat Beliau,maka sdh sepantasnya kita harus tahu
siapa tuntunan,dan contoh tauladan kita itu.

Sebelum saya menjawab pertanyaan dari Apak
Arman,apakah Peringatan maulid nabi itu dibolehkan
dalam Islam,dan bukankah ini merupakan ajaran diluar
non Islam(seperti Ultah,valentine days ) ,bukankah
dalam Hadist dikatakan ,siapa yang meniru adat
istiadat suatu kaum,maka ia termasuk didalamnya juga
ini merupakan Bid'ah dan apa gunanya kita memperingati
hari kelahiran Rasulullah SAW itu..?

Saudara-saudara saya sekalian,saya kalau mau menjawab
semua itu,bisa saja dgn dua patah
kata(boleh,..ya,..tidak..dllnya).Tapi disini saya
ingin menjelaskan dulu siapa Rasulullah yang kita
cintai itu,..mengapa beliau yang dipilih menjadi Rasul
terakhir,dan mengapa pula kita memperingati Maulid
nabi setiap thnnya,apa hikmah disebalik itu..?(dan ini
berhubung karena sdh dekat tgl kelahiran beliau
itu,makanya saya katakan ini bukan sekedar mengabulkan
permintaan dari Pak Arman,tapi "hadiah buat kita
semua,dan semoga ada manfaatnya,terutama buat saya
sendiri.dan permintaan Apak Arman ini baru malam ini
saya tulis,bukan dikarenakan saya melupakan permintaan
Apak,namun karena Sikon saya yang benar-benar sibuk
akhir-akhir ini).

Muhammad Rasulullah SAW.
Pendahuluan:

Disadari atau tidak wujud Tuhan pasti dirasakan oleh
jiwa manusia,baik redup ataupun benderang.Manusia
menyadari bahwa suatu ketika dirinya akan merasakan
mati.Wujud Tuhan yang dirasakan,serta hal ihwal
kematian,merupakan dua dari sekian banyak pendorong
manusia utk berhubungan dgn Tuhan dan memperoleh
informasi yang pasti.Dan Informasi ini,tak lain dan
tak bukan berasal dari Allah yang
disampaikanNya,melalui seorang nabi,ataupun
RasulNya,Dan jumlah mereka ini tdk pasti,Al Qur'an
hanya menginformasikan bahwa "Tidak ada satu
Ummatpun,kecuali telah pernah diutus kepadanya seorang
pembawa peringatan"(Q.S. Fathir 35).
Nabi Muhammad seperti SAW,seperti yang disebutkan
dalam Al Qur'an surat Al A'raaf(7):158-bahwa beliau
diutus kepada seluruh manusia,dan beliau merupakan
Khatamannabiyyiin(Q.S Al Ahzaab (33):40)

1 )Masa Kelahiran Rasulullah SAW.:

Rasulullah SAW dilahirkan pada hari Senin 12 Rabi'ul
Awwal,pada thn yang disebut dgn thn "Gajah".
Diriwayatkan dari Shahih Muslim,dari Abi
Qathadah,bahwasanya "Seorang Arab berkata,"Wahai
Rasulullah,apa pendapatmu mengenai puasa di Hari
Senin,maka beliaupun menjawab:Hari itu adalah hari aku
dilahirkan,dan aku diwafatkan"

Dalam Riwayat lain dikatakan bahwa hari Senin juga
hari diturunkannya Surah Al Maaiadah(4)"Hari ini aku
sempurnakan bagimu Agamamu,..dst".
Dalam Riwayat lain,mengenai hari-hari diciptakannya
langit dan bumi.didalam kitab Imam Ahmad Bin
Hanbal,dari Ummu Salmah,dari Abu Hurairah
berkata:"Rasulullah memegang tangan saya,dan bersabda,
Allah menciptakan tanah pada hari Sabtu ,Gunung pada
hari Minggu,Pohon-pohonan pada hari Senin,dan yang
Makruh,pada hari Selasa,Cahaya,hari Rabu,dan
dibangkitnya seluruh manusia,termasuk binatang(Ad
Dawaab),pada hari Khamis,dan Adam diciptakan pada hari
Jum'at sesudah Ashar,dan juga pada hari Jum'at itu
adalah akhir waktu,dari waktu-waktu antara Ashar
sampai malam.Hadist seumpama inipun ada di dalam
Shahih Muslim.

Kita tahu,pada Hari Senin diciptakan pepohonan,dan
kita semua tahu apa fungsi pepohonan tsb.Maka
berbahagialah bagi siapa yang dilahirkan tepat pada
hari itu.Meskipun hari-hari yang lain juga sangat
baik.(Sayang saya sendiri tdk dilahirkan pada hari
itu,mau minta kembali keperut Ibu saya juga ngak
mungkin lagi,maka saya syukuri bahwa saya sdh ada
dipermukaan bumi ini).

2)Kejadian-kejadian,disaat malam kelahiran Rasulullah
SAW:

Di dalam Sunan Al Baihaqi,disebutkan bahwa ada suatu
kejadian aneh yang diriwayatkan oleh Abi Al Hakam
Attanukhi,ia mengatakan bahwa:Pada masa lampau di mana
Orang Arab Quraish sdh menjadi suatu kebiasaan
,apabila lahir seorang anak laki-laki,mereka
menyerahkannya kepada wanita-wanita Quraish,dari malam
sampai pagi,dan bayi tsb,diletakkan di suatu bejana
terbuat dari batu..Maka tatkala Rasulullah
SAW,lahir,kebiasaan itupun dilakukan juga,yaitu
Rasulullah diserahkan pada wanita Quraish,dan
diletakkan di bejana tsb,namun suatu kejadian yang
amat menakjubkan,tatkala pada pagi harinya
,wanita-wanita itu mendapatkan,bejana itu telah
terbelah menjadi dua,dan mereka melihat Rasulullah dgn
kedua matanya terbuka dgn jelas,dan menghadap
kelangit,maka mereka mendatangi Abd Muthalib,"kami tdk
pernah melihat kelahiran seumpama ini,dan menceritakan
kejadian itu.Lantas Abd Muthalibpun mengatakan pada
perempuan2 itu peliharalah anak itu,aku mengharap
bahwa ada sesuatu padanya,dan yang akan terjadi itu
adalah yang baik.
Dan disaat hari ketujuh,disembelihlah hewan,diundang
pemuka kaum Quraish.Tatkala sedang
makan-makan,bertanyalah Pemuka kaum Quraish itu pada
Abd.Muthalib,"Apakah karena anak kamu ini,kamu
memuliakan kami,dan dgn apa kamu namakan anak kamu
ini..?Abd Muthalaib menjawab,"Aku menamakannya
Muhammad,",kemudian ditanya lagi ,"mengapa tdk kamu
namakan saja anak kamu itu dgn salah sau dari nama
keluarganya..?",Dijawab kembali oleh Abd.Muthalaib,Aku
ingin agar Allah memujinya dilangit,sedangkan ia di
ciptakan dibumi".

Dalam hal ini para ahli Bahasa berpendapat
bahwa:"Segala sesuatu yang mencakup yang
baik,dinamakan Muhammad."
Sedangkan sebagian Ulama mengatakan bahwa Allah telah
memberikan ilham pada Abd.Muthalib,utk memberikan pada
nya nama Muhammad,karena nama tsb,menunjukkan
sifat-sifat yang terpuji,agar bertemu antara nama dan
perbuatan,Sesuai antara nama dan yang dinamakan,baik
dalam bentuk  maupun arti.(Perlu diketahui bahwa
Rasulullah mempunyai banyak nama-nama,sbgmana yang
telah ddiriwayatkan oleh beberapa perawi).

Ada lagi kejadian dimalam kelahiran Rasulullah
SAW.Diantaranya lagi,adalah:Apa yang diceritakan oleh
Aisyah Ra,bahwasanya ada seorang lelaki Yahudi yang
berdagang dan tinggal di Mekkah.Tatkala malam
kelahiran Rasulullah SAW,ia berkata pada Pemuka kaum
Quraish didalam suatu majlis."Wahai pemuka
Quraish,adakah dimalam ini seseorang diantara
istri-istri kamu yang melahirkan(Ada yang melahirkan
ngak malam ini..?).Di jawab pemuka Quraish itu,Demi
Allah,kamu tidak mengetahuinya.",kemudian Yahudi itu
pun berkata lagi,"Allhu Akbar",Apabila kamu salah
dalam hal ini,tak mengapalah,tapi perhatikan dan
peliharalah baik-baik,dgn apa-apa yang aku ucapkan ini
:" pada malam ini telah lahir seorang anak
laki-laki,yang akan menjadi nabi terakhir di Ummat
ini,diantara dua lengan bahunya ada suatu tanda yang
di dalamnya tumbuh banyak rambut yang sangatlah
lebatnya,seolah-olah rambut itu rambut kuda(saking
banyaknya),Ia tidak dapat menyusu selama dua hari,dua
malam,ini dikarenakan pada malam itu ada Jin Ifrit yg
memasukkan jarinya kemulut anak tsb,sehingga membuat
anak tsb,tak dapat menyusu.

Pemuka Quraish itupun kaget akan pernyataan orang
Yahudi tadi,sesampai dirumah mereka saling
menceritakan semua itu pada ahli baitnya.Maka
dikatakan pada mereka,bahwa telah lahir seorang anak
laki-laki dari keluarga Abd Muthalib,yang anak tsb
dinamakan "Muhammad".

Pemuka kaum Quraish itupun bergegas pergi kerumah
Yahudi tadi dan memberitahukan berita kelahiran
tsb,maka Yahudi itupun menganjurkan pada mereka utk
pergi bersama-sama kerumah Aminah.Tatkala telah sampai
kerumah Aminah,merekapun masuk dan meminta agar Aminah
mengeluarkan anaknya utk diperlihatkan kepada
mereka,dan mereka membuka punggung anak tsb,maka
terlihatlah bulu-bulu tsb.Yahudi itupun dgn serta
merta jatuh tersungkur tak sadarkan diri.Ketika sadar
berkatalah pemuka Quraish kepadanya"Ada apa sih dgn
kamu,celakalah kamu!"

Apa kata Yahudi tsb,..?"Sesungguhnya telah hilang
kenabian dari Bani Israel(perlu diketahui bahwa selama
ini banyak kenabian berasal dari Israel),Apakah kamu
gembira dgn kehilangan kenabian tsb,wahai Pemuka
Quraish,Demi Tuhan,sungguh berita ini akan kesebar
baik dari Barat sampai ke Timur(kisah ini ada di
bebarapa buku sejarah,spt,Sejarah nabi oleh Ibn
Hisyam,Al Bidayah wannihaayah oleh Ibn Katsir yang
bahasanya teramat sulit utk diterjemahkan,kata-katanya
sangat jelimit,kata Arab di zaman dahulu,terpaksa
menterjemahkannya melihat kamus Arab lagi,ngak bisa
dgn hanya melihat kamus Arab English,maupun Arab
-Indonesia.juga kisah Rasulullah ini banyak di
tuliskan di buku sejarah-sejarah yang
lainnya….(bersambung…)

LAUNCH - Your Yahoo! Music Experience
http://launch.yahoo.com