6)Jujur

Di dalam berpuasa,kita di latih utk bersikap
jujur.salah satu hal yg paling pokok dlm berpuasa
adalah kejujuran kpd diri sendiri.Nabi bersabda : "
Kalau seseorang tdk jujur pd Tuhan,aku tdk jamin ia
akan jujur pd org lain"Kejujuran adalah benang2
ketaqwaan,rajutan dr ketaqwaan itu adalah jujur.

Kita tahu ngak,..klu seseorang berpuasa,atau
tidak,..?Jawabnya tentu belum tentu.Karena yg tahu
diri seseorg tsb berpuasa atau tidak,hanyalah diri nya
sendiri.Itu sebabnya dlm Hadist di katakan "Asshaumi
li=Puasa itu utkku(Allah).Allah lah yg akan memberikan
berapa kadar pahala puasa seseorang."Berbeda dgn
shalat,klu jamaah bisa 27 kali lipat,baca qur'anpun
juga ada ukurannya,sedekah 10 kali lipat,atau bahkan
lebih.tapi puasa,Allah tdk memberitahukannya.
Kenapa,….itu tadi,..krn yg tahu kita puasa beneran
atau tidak hanya Allah semata.

8),Dan lain2 yg sgt byk lagi tauladan dr sifat2 Allah
ini,yg dpt kita lakukan melalui puasa.namun disini
saya cukupkan spi disini saja dlm masalah ini.

Sekarang kita beralih kepada hal2 yg sebaiknya kita
lakukan di bulan Puasa ini:

1).Rasulullah SAW bersabda:

Ada empat hal yg harus kalian lakukan;
Dua hal yg rugi,klu kalian tdk melakukannya,dua hal yg
menjadikan tuhan senang kpd kalian:

Dua hal yg menjadikan Allah senang adalah:

Menyaksikan dan selalu berikrar bhw Aku bersaksi bhw
tiada Tuhan selain Allah,serta memohon ampun padaNya."

Sementara dua hal yg rugi klu tdk memperolehnya :
"Rugi klu tidak memperoleh syorga,dan terhindar dr api
neraka"

Mengapa demikian,bukankah dlm tulisan diatas pertama
sekali kita menyebutkan hadist rasulullah SAW :Pd
bulan puasa di buka pintu syorga,ditutup pintu
neraka,dan syetan2 terbelenggu".Syetan bila sdh
terbelenggu di bln ramadhan,jgnlah kita coba2 membuka
kuncinya lagi.

Klu dihari2 biasa,memang syetann itu berkeliaran
disana sini,tapi bila bulan puasa,apabila di temukan
seseorg berbuat kejahatan,maka itu berarti ia sendiri
yg membuka belenggu syetan itu dr dlm dirinya.

2),memperbanyak bacaan Al Qur'an dan shalat
tahajjud,(dan dari sebagian malam maka bertahajjud lah
kamu,sbg ibadah sunnah bagi kamu,semoga dgn tahajjud
itu Allah akan menaikkan derajat kamu,dan menempatkan
kamu ditempat yg tinggi"(Al Qur'an)dan jgn spi lupa
shalat Tarawih,baik sendirian,ataupun berjamaah.

Shalat tarawih itu dpt di kerjakan kapan saja,asalkan
waktunya sesudah shalat Isya,dan sblm terbit
fajar.Karena kata "Tarawih itu" artinya adalah
"bersenang2",jadi maksudnya kita boleh shalat 2
rakaat,terus makan dulu,..dlsbgnya,kemudian sambung
lagi ..dst..dst..spi semampu kita,tanpa ada batas
jumlah rakaat yg jelas.

Banyak belajar dan mendalami Al Qur'an di bulan ini
sgt lah berkahnya,Rasulullah SAW bersabdaYg artinya :
"Sebaik2 kamu adalah yg mempelajari Al Qur'an dan yg
mengajarkannya".Jamaah Islamiyah yg tadarrusan di
bulan Ramadhan ini,maka naungan malaikat dr sayap2nya
akan selalu berada di atasnya,Rahmat serta karunia
Allah selalu bersama org2 yg mempelajari Al Qur'an
ini.

Penutup

Dgn Ilmu dan Iman terletak kekuatan jiwa kita,
Ilmu penerang jalan,Iman menumbuhkan harapan
Ilmu Revolusi Eksternal,Iman revolusi internal
Ilmu keindahan aqal,Iman keindahan jiwa.

Ilmu hiasan pikiran,Iman hiasan kalbu
Keduanya dapat menghasilkan ketenangan Ketenangan
lahir oleh Ilmu,ketenangan bathin oleh iman.

Ilmu menyesuaikan manusia dgn lingkungannya
Iman menyesuaikan dgn jati dirinya.

Bila kesucian telah menghiasi jiwa,ia akan merasa
berani walau sendirian,ramai walau tanpa
kawan,kaya,walau hampa tangan.

Kita hidup bukan hanya butuh kecerdasan
otak(Inteligent Quetient=IQ),Kita juga lebih butuh
kecerdasan Emosional(bukan suka emosi maksudnya),tapi
EQ Kita,daya Imaginasi kita,karena dgn EQ kita dapat
memahami perasaan org lain,menghargai,dan menerima
sudut pandang org lain.

Berinteraksi dgn org lain,tahu seni
bergaul,bekerjasama,semakin mesra hubungan sesama
manusia semakin byk yg di petik dr alam raya
ini.(bukan maksud kita disini bermesra2 pd setiap
org,tapi mengerti jiwa seseorang)

Saudara/i sekalian:

Alam sekeliling boleh sepi,dan hening,rebut dan badai
boleh mengancam,atau menerjang,situasi dpt
memuncak,meluncur keatas atau menurun,melanda
kebawah.dada bisa saja bagaikan tertekan,kesulitan
bagi tak terelakkan,namun semua itu dapat teratasi
selama kita bersatu teguh,selama nilai2 yg kita
kumandangkan di atas tetap menerangi jalan kita

Jika pakaian taqwa telah menghiasi seseorang,maka akan
terpelihara identitasnya,lagi anggun
penampilannya.Kita akan menemuinya selalu bersih,walau
miskin.Hidup sederhana walau kaya,terbuka tangan dan
hatinya.Tidak berjalan membawa fitnah,Tidak
menghabiskan waktu dlm hal yg sia2.Bila beruntung ia
bersyukur,bila diuji ia bersabar.Bila berdo'a ia
istigfar,bila bersalah ia menyesal.Dan bila di maki ia
tersenyum,sambil berkata,Jika makian anda keliru,maka
aku bermohon semoga Tuhan mengampunimu,dan jika makian
mu benar,maka aku mermohon semoga Allah mengampuniku.

Saudara bila pakaian taqwa telah dikenakan
seseorang,maka Ma'rifat menjadi modal
utamanya,pengendalian diri ciri aktifitasnya,kasih
asas pergaulannya,kerinduan pd Illahi
tunggangannya,Zikir pelipur hatinya.Keprihatinan
adalah temannya.Ilmu senjatanya,sabar
Busananya,kesadaran akan kelemahan di hadapan
Allah,kebanggaannya,Zuhud,tidak terpukau oleh
kemegahan dunia perisainya,kepercayaan diri,harta
simpanannya,dan kekuatannya,kebeneran andalannya,taat
kecintaannya,jihad kesehariannya,dan Shalat adalah
buah mata kesayangannya.

Pepatah Arab mengatakan :"kalaunasib seseorang memang
sdh di takdirkan baik selalu padanya,kamu lemparpun ia
ke dalam lautan,maka ia akan tetap mengeluarkan Ikan
dr dalam mulutnya,"Maka jgnlah sekali2 kita iri dan
dengki atas karunia yg telah di berikan oleh Allah pd
seseorang,baik itu berupa ilmu
pengetahuan,kekayaan,maupun ketenaran.

Juga yg lain: kata org 2 tua Arab pd anaknya,: " Wahai
anakku,benar ibumu ini tidak pernah menduduki bangku
universitas,tetapi pengalaman hidup,bisa membuat batu
yg keras,semula tdk berbicara,maka akan
berbicara,melalui pengalaman hidup yg dialaminya."

Pandai2 lah memilih buah semangka.Jgn kita spt manusia
yg tdk tahu mana buah semangka yg baik,mana yg
buruk.(ketiga pepatah ini saya dengar dr Sinetron
Arab).

Demikian dulu,dr saya,sblm saya men Unsubcribe kan
diri saya buat sementara karena bulan Ramadhan akan
tiba,jadi saya kurang sempat membuka mail2.Dan utk
menghindari mail Box yg penuh oleh sebab itu saya
mohon diri,pada jamaah Rantau Net,dan Surau.

Bila ada kata2 saya selama ini yg menyinggung
saudara/I sekalian dgn sepuluh jari dan ketulusan hati
saya amat teramat memohnkan kemaafan dr jamaah
sekalian.dan mohon pd Admin RN dan suaru utk menolong
saya menunsubcribekan diri  saya buat sementara.Krn
memang benar saya ngak bisa menunsubcribekannya
sendiri.Begitupun yg pernah mendaftarkan diri saya di
mailing list lain,dgn teramat sangat mohon di
keluarkan kembali.saya sdh coba,namun gagal terus.

Sekali lagi Met Berpuasa dan melakukan Ibadah
sebanyak2nya,serta mohon maaf lahir dan Bathin.

Wassalam(Rahimarahim  Cairo 25/10/02)

Y! Web Hosting - Let the expert host your web site
http://webhosting.yahoo.com/