Assalamualaikum

Hai, aku nggak tahu tuh dimana chatting room yang khusus
membahas perkembangan  Islam di Indonesia. Kalau aku
memang
pernah masuk ke chatting room yahoo.com di bagian
religion-islam, tapi rasanya aku belum pernah
menemukan pembicaraan yang sifatnya membahas Islam di
Indonesia. Habis yang
masuk ke sana kan kebanyakan dari berbagai bangsa dengan
pseudo name bermacem-macem,yah, tidak aneh lah
kalau yang diomongkan tidak cuma Islam sebagai ideologi
tapi juga Islam sebagai pribadipun jadi topik hangat.
Hehehe...yang aku
maksud islam sebagai pribadi adalah orang islam yang
tertarik melakukan
kontak lebih mendalam dengan rekan chattingnya.

Tapi kalau Ima  memang tertarik sangat guna mengamati
perkembangan islam di
Indonesia, masuk saja ke milis2 islam berbahasa
indonesia. Logikannya, bila
menggunakan bahasa Indonesia berarti sebagian besar
anggotannya adalah orang
indonesia atau paling sedikit punya keterikatan dengan
Indonesia. Dari
perdebatan, pertukaran informasi, pertemanan,
perberanteman, dan per-per
lainnya, lama-lama Ima akan bisa menarik suatu abstraksi
seperti apa sih
Islam yang sesungguhnya di Indonesia. You know why? Pola
pikir masyarakat
ttg sesuatu adalah masyarakat yang
sesungguhnya.Maksudku, masyarakat itu
terbentuk karena pola pikir mereka yang kemudian
tercermin ke dalam interaksi. Begitu Ima bisa menarik
sebuah kesimpulan dari sepak terjang mereka, nah,
disitulah Ima sudah
bisa mengira-ngira seperti apa sih perkembangan Islam di
Indonesia.

Bagaimana, dik, masuk akal tidak?

GM