Sekarang,mari sama2 kita lihat apa itu tingkatan2
puasa yg kita sebutkan di atas tadi.

Profesor Sa'id Asyuur dlm bukunya :"Syaiiratusshaum
fil Islam"(terjemahannya "Syiar2 puasa menurut
Islam),disana dikatakan,bhw Imam Al Ghazali membagi
tingkatan puasa itu dgn tiga tingkatan:

Pertama Puasa Umum,yaitu Puasa yg hanya menahan
perut,dan kemaluan dr lapar,dahaga,dan jimak (hubungan
sexualitas).Mulai dr terbit matahari hingga terbenam
matahari.

Kedua: Puasa khusus: yaitu selain menahan dr yg tiga
diatas,tapi disini di tambahkan dgn menahan
pendengaran,mata,lidah,dan segala anggota tubuh dr
perbuatan nista.Mata dr melihat yg kurang baik,spt
flm2 dan situs2 porno yg ada di TV dan
internet2.Pendengaran dr mendengar perkataan jelek,spt
mendengar kejelekan seseorang,mendengar lagu2 yg
menimbulkan nafsu birahi,dlsbgnya.

Lidah dr bergunjing,menyakiti hati
teman,suami,istri,anak2,tetangga ,termasuk binatang yg
tdk pantas utk disakiti.(kecuali lalat,nyamuk,ayam
atau lembu,kambing,kerbau,dsbgnya itu  yg dpt kita
makan,klu ngak mau menyakiti dgn memotong ayam,atau
lembu,jgn khawatir,kirimkan saja ke manusia yg mau
memakannya,halal dan terjamin koq pahalanya).

1) Menahan Pandangan:
Rasulullah SAW bersabda yg artinya: "Pandangan
(memandang wanita yg bukan muhrim),adalah saham
keracunan dr racun2 yg ada pd Iblis"
Sabdanya lagi ,Lima hal yg dpt membuat pahala puasa
org yg berpuasa menjadi terbuka (berkurang,bahkan
batal sama sekali  ):Dusta,gunjing,adu domba,sumpah
dusta,dan memandang dgn penuh kesyahwatan".

Imam Ali Karramahullahulwajhah berkata : "Bagimu pd
pandangan yg pertama,maka pandangan yg seterusnya
adalah haram atasmu".

Apabila seorang Muslim,tanpa sengaja terpandang akan
seorang wanita didepan matanya,tdk pandang bulu,apakah
wanita itu cantik,jelek,cacat sempurna dlsbgnya,yg
jelas adalah memandangnya tanpa sengaja,maka pandangan
yg pertama itu tdk apa2,tapi bila di teruskannya
memandang wanita tsb,maka itu yg di larang dlm
agama.Jgn sampai keterusan memandangnya.Dan in terjadi
juga sebaliknya utk seorang wanita yg memandang
pria.Terutama di bulan ramadhan ini,sebaiknya kita
sama2 menahan pandangan yg dpt merusak,atau mengurangi
nilai dr pahala ibadah kita tsb.

2) Memelihara Lidah
Memelihara lidah dr bergunjing,..dst..spt yg tlh kita
sebutkan diatas.Di sebutkan bahwa " Gunjing  dpt
merusak pahala puasa,sbgmn cuka dpt merusak manisnya
madu ".Ghibah(gunjing ) itu sama saja kita dgn memakan
daging saudara kita yg sdh mati .Bayangkan bgmn jijik
dan memalukan,serta baunya bangkai mayat yg kita
makan,begitulah perumpamaan yg di buat Allah dlm
FirmanNya surah Al hujurat.Makanya klu mau gunjingin
org,ingat saja bangkai mayat saudara kita  yg kita
makan.

Bila tdk ada perkataan yg baik dan bermanfaat bagi org
lain yg hendak di katakan sebaiknya diam,krn diam itu
emas.Maka puasanya lidah itu dgn berkata2 yg berguna
bagi org lain,atau diam dan lebih baik sibuk dgn
dzikir pd Allah SWT,serta membaca Al Qur'an
kalamullah.Bila hal itu tdk juga dpt kita
laksanakan,maka tidur itu lebih baik,krn tidurnya org
berpuasa juga merupakan ibadah baginya.Tapi jgn tidur
melulu dr terbit fajar,spi terbenam matahari.Itu
namanya : " org  mati sblm ia mati".

3) Memelihara anggota lainnya,spt kaki,tangan dllnya
dr pergi,atau berbuat ketempat2 yg dpt merusaka nilai
ibadah kita.

Yang ketiga adalah Puasa khususul khusus:
Tingkatan puasa ini adalah tingakatan yg paling
tinggi.Tingkat kelas atas,dan biasanya yg melakukan
nya adalah para Auliyaallah,dan para nabi2.Tapi tdk
mustahil kita masyarakat awampun msh bisa mengejar
tingkatan puasa semacam ini,tapi benar memang
sangat-sangat sulit sekali.
Puasa khususul khusus ini selain menahan dr dua
tingkatan puasa yg diatas.disempurnakan lagi dgn
memuasakan diri dan hari dr hasad,iri,dengki dan
semacamnya.Dan memikirkan keduniayan.Pemikiran org
semacam ini sdh mencapai tingkat para sufi yg
tertinggi,yaitu Ma'rifat kepada Allah semata.

Tiada langkah yg ia langkahkan kecuali hanya mengingat
Allah,tiada kata yg ia ucapkan selain kalam yg berasal
dr Allah.Zuhud akan dunia,ingatan pd hari akhirat jauh
lebih tinggi dr ingatan akan kemegahan dunia."Ia
menjadi tuan dr dunia,bukan dunia itu tuannya.".

Berbeda dgn kita di zaman skrg ini,krn kemegahan dunia
kita rela bentrokan,rela korupsi,rela berbantah2an
demi mencapai kepuasan hati dan perut.Ini yg kita
sebutkan mencapai tingkatan yg terakhir ini sgt2
sulit.Hati kita msh sgt sulit menahan nafsu ingin
harta,wanita,marah,emosi,hasad,benci,iri dlsbgnya itu.

Sangat sulit bagi kita bersikap zuhud dari
dunia.Apalagi di era globalisasi,dimana kehidupan yg
semakin sulit ini.

Utk yg selanjutnya,mgkn akan kita bicarakan bgmn Islam
memandang dunia itu.Semoga ada kesempatan di lain
waktu,kita akan bicarakan ttg  Islam adalah agama yg
"MODERAT".Apa itu yg disebut moderat.Klu ada waktu
akan saya tuangkan di mailist ini,krn bagi saya
pribadi sgt perlu di ketahui oleh ummat Islam.Bgmn
sebenarnya ajaran Islam itu.Apakah Islam benar2
memandang dunia itu terlalu sempit,atau sgt mudah
sekali.Nantik akan kita lihat bukti2 kemoderatan
ajaran islam tsb(In SyaAllah,saya tdk
menjanjikannya,tapi akan saya usahakan ),

Saya menulis ini sebenarnya sdh dgn mengurangi waktu
tidur pagi saya,setelah shalat subuh,sejujurnya waktu
saya benar2 sempit sekali. Klu bisa di tambah waktu
sehari itu lbh dr 24 jam ingin sekali.mata juga punya
hak,utk tidur dan istirahat.klu kurang tidur juga
kepala pusing,akhirnya berfikir tdk jernih lagi.Tapi
tidur 5-6 jam saya kira sdh cukup.

 Mengingat sabda Rasulullah "barang siapa yg di Tanya
akan suatu hal,dan  ia sembunyikan ilmu itu,maka kelak
ia akan di rejam dgn rejaman yg berasal dr api
neraka".Saya takut sekali terkena hukum ini,makanya
dgn mengantuk2pun saya usahakan utk memenuhi apa yg di
minta para netters ke japri saya,tapi saya sengaja
melontarkannya ke umum,semoga yg lain juga dpt
mengambil faedahnya,terutama sekali diri saya
sendiri,juga keluarga dan sahabat saya,termasuk kaum
muslimin sekalian

.(Rubba Assaail fayantafiul akhariin,mustamiin "Semoga
satu yg bertanya dan berfaedah bagi pendengar,pembaca
yg lain"(kitab adab al mufrad lil bukhari)

Demikian bila ada kata yg salah mohon di maafkan,yg
salah tetap berasal dr saya,yg benar selalu berasal dr
Allah dan RasulNya.Aquulu qauli
haadza,waastagfirullaaha min kulli zanbin
irtakabtuha.Semoga tulisan ini menjadi jawaban bagi yg
bertanya kesaya,serta yg lain akan menyusul di tulisan
saya yad ttg "Islam agama yg moderat",hanya saja,spi
saat ini kerangkanya saja blm di tulis,tapi isinya sdh
terbayang.

Wassalamualaikum Wr.Wb. ( Rahima Cairo 6 Ramadhan 1423
H)

U2 on LAUNCH - Exclusive greatest hits videos
http://launch.yahoo.com/u2