> --- In [EMAIL PROTECTED], "Indra Piliang" <[EMAIL PROTECTED]>
> wrote:
> Godot yang ditunggu datang juga. Tali dan pelana kuda mesti diperbaiki
> letaknya. Mas Ulil saya kira tak akan sendirian, menghadapi fatwa
> ini....

Dari dua posting saya sebelum ini mengenai JIL dan Ulil saya jelas tidak
setuju dengan beberapa pemikiran JIL/Ulil. Dan upaya-upaya untuk memggahi
nash saya anggap “seperti tikus comberan yang hendak mengencingi
matahari”. Tetapi dalam salah satu posting saya tersebut saya kemukakan:

“Sekalipun demikian saya berharap, bagi yang tidak setuju dengan Ulil
hendaknya menyanggah pendapatnya saja dan tidak melakukan pembunuhan
karakter, misalnya dengan menuduh Ulil atau Jaringan Islam Liberal (JIL)
sebagai bagian dari konspirasi yang bertujuan untuk “merusak” Islam dengan
sokongan dana dari Asian Foundation, terlepas dari kenyataan bahwa logo
Asian Foundation dulu (entah sekarang) memang tampil pada homepage JIL”

Tetapi ini tidak berbicara pembunuhan karakter, tetapi upaya untuk
pembunuhan benaran!

Astagfirullahaladzim!

Saya sependapat dengan Indra Piliang, bahwa Ulil tidak sendirian dalam
menghadapi ini. Bahkan ini tidak hanya sekadar untuk enyelamatkan nalar
publik bahwa berpikir adalah hak yang melekat pada setiap individu warga
negara, tetapi juga menyelamtkan wajah Islam yang sejatinya damai dan
membawa pencerahan dari orang-orang Islam---yang maaf---menaruh otak
mereka di pantat!

Saya belum lama ini terlibat diskusi yang keras dengan Jusfiq Hadjar di
Prol. Sering sakit hati saya kalau  Jusfiq mengatakan ajaran Islam sebagai
“buas dan biadab”. Tetapi sejujurnya perangai orang-orang yang menamakan
dirinya sebagai "Ulama dan Umat Islam Jabar, Jateng dan Jatim" seperti
membenarkan apa yang dikatakan Jusfiq tersebut.

Saya juga heran keterlibatan Muhammadyah dalam kegiatan-kegiatan seperti
ini. Padahal Ketua Umum PP Muhammadyah Syafii Maarif baru saja dengan
tegas dalam wawancara dengan MBM Tempo mengatakan bahwa “Radikalisme Agama
Adalah Bunuh Diri” (dan kita tahu bahwa Syafii Maarif tidak hanya berkata,
dirinya dan Muhammadyiah selelu berada di barisan terdepan bersama a.l.
dengan PB NU  dalam mengatakan “tidak” terhadap radikalisme Islam)

Tetapi pernyataan "Ulama dan Umat Islam Jabar, Jateng dan Jatim" tidak
hanya radikal, tetapi radikal bin tolol!

Dan teori “konspirasi” adalah teori yang paling bagus untuk menipu diri
sendiri.

Saya jelas tidak setuju---dan tidak pernah akan setuju dengan  dengan
beberapa pemikiran JIL/Ulil. Tetapi---walaupun apalah awak ini---saya
termasuk orang yang berada di samping Ulil dalam menghadapi fatwa tolol
dari apa yang menamakan dirinya "Ulama dan Umat Islam Jabar, Jateng dan
Jatim", justru karena keyakinan saya yang tidak akan pernah tergoyahkan,
bahwa Islam adalah rahmatan lil alamin, dan junjungan kaum muslimin,
adalah seorang strateg yang yang sangat jenius yang lebih banyak
menaklukkan musuh-musuh beliau dengan akal budi dan kasih sayang ketimbang
dengan pedang!

Wassalam, Darwin